• Salah satu ikon Aceh, Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh
  • Taman Kuliner Ulee LheuePusat jajanan dan wisata di Taman Kuliner Ulee Lheue Banda Aceh
  • Kuala BubonJembatan Kuala Bubon Aceh Barat menjadi salah satu daya tarik wisata
  • Sate MatangSalah satu kuliner "Sate Matang" yang berasal dari Matangglumpangdua, Bireuen
  • Tari SeudatiTari Seudati yang merupakan tarian yang begitu populer di Aceh
Slider 11 Slider 22 Slider 33 Slider 44 Slider 55
NSP Single Prang Sabi - Niken

Disbudpar Aceh Ajak Anak Muda Ikut Jelajah Budaya 2013

Lubok-Sukon_4

Desa Wisata Lubuk Sukun

Dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat  dalam menyukseskan Visit Aceh 2013, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Aceh kembali menggelar Program Jelajah Budaya Aceh pada tahun ini.

“Jelajah budaya merupakan agenda tahunan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh melalui Bidang Adat dan Budaya. Sebelumnya Jelajah Budaya ini telah dilaksanakan di Kota Sabang, Kabupaten Aceh Singkil, Kabupaten Aceh Tengah, Kabupaten Aceh Selatan. Dan tahun ini kami memilih Banda Aceh dan sekitarnya sebagai lokasi Jelajah Budaya,” ungkap Drs. Adami, M.Pd Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh melalui siaran persnya kepada @iloveaceh, Kamis (14/5).

Jelajah budaya adalah salah satu kegiatan yang mengajak generasi muda mengeksplorasi pengetahuan dan pemahaman budaya secara mendalam. “Melalui kegiatan ini para peserta diajak untuk mengenal dan sekaligusnya bangga akan budaya mereka,” tegasnya.

Selain itu Kepala Bidang Adat dan Budaya Drs. Fauziah Hanum, M.Si, mengatakan bahwa acara ini digagas untuk berbagai kalangan masyarakat agar lebih memahami budaya Aceh sendiri.

“Saat ini banyak acara yang mengangkat budaya hanya sekedar seminar saja di sebuah ruangan, namun kali ini Jelajah Budaya membawa langsung para peserta untuk melihat langsung dan mempelajari objek-objek budaya dan sejarah dengan didampingi oleh narasumber sehingga mampu menambah informasi yang lebih konkrit dan lebih diingat,” sebutnya.

Peserta pada Jelajah Budaya 2013 adalah komunitas-komunitas yang berkiprah di Media Sosial dan komunitas-komunitas masyarakat umum. “Tahun ini kami mengundang lintas komunitas seperti Aceh Blogger, I Love Aceh, Masyarakat Pecinta Sejarah, Aceh Backpaker, Gowes Club, Kutaraja Vespa, Lamp On Community, Forum Lingkar Pena, Aceh Fotografer, Onthel Club dan masyarakat umumnya yang berjumlah 25 orang  yang nantinya diharapkan mampu mempromosikan budaya dan pariwisata Aceh kepada seluruh khalayak masyarakat,” tambahnya.

Acaranya sendiri akan dilaksanakan mulai tanggal 28 – 31 Mei dengan melakukan penananam pohon, outbound, mengunjungi titik nol Banda Aceh, mengunjungi makam raja-raja dan ulama-ulama Aceh, mengunjungi pusat perekonomian masa kolonial Belanda, mengunjungi Desa Wisata Lubok Sukon serta Field Trip ke Masjid Tuas Ulee Kareng, Mesjid Indrapuri dan Museum Tsunami. (rma)

  • Share on Tumblr

Share This Post

Related Articles

© 2016 I Love Aceh. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie