• Salah satu ikon Aceh, Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh
  • Taman Kuliner Ulee LheuePusat jajanan dan wisata di Taman Kuliner Ulee Lheue Banda Aceh
  • Kuala BubonJembatan Kuala Bubon Aceh Barat menjadi salah satu daya tarik wisata
  • Sate MatangSalah satu kuliner "Sate Matang" yang berasal dari Matangglumpangdua, Bireuen
  • Tari SeudatiTari Seudati yang merupakan tarian yang begitu populer di Aceh
Slider 11 Slider 22 Slider 33 Slider 44 Slider 55
NSP Single Prang Sabi - Niken

Yuk, Bantu Gajah Bayi Raju di Gerakan #1000untukRaju

Sejumlah komunitas pecinta satwa di Banda Aceh dan Animal Lovers di Jakarta membuat aksi donasi yang mereka sebut “Gerakan Seribu untuk Raju”. Aksi ini merupakan bentuk kepedulian mereka untuk menyelamatkan Raju, anak gajah sumatera (elephas maximus sumatranus) yang saat ini dalam pemeliharaan warga Desa Blang Pante Kecamatan Paya Bakong Aceh Utara.

Menurut koordinator aksi, Nurjannah Husien di Banda Aceh, Rabu (26/6/2013) menyatakan aksi kepedulian untuk menyelamatkan Raju dilakukan setelah salah satu anak gajah lainnya bernama Raja, yang juga dipelihara warga, mati Minggu 23 Maret 2013. Saat ini mereka khawatir dengan kesehatan Raju yang juga semakin menurun. Ia dilaporkan diare dan mal nutrisi.

“Kami ingin menyelamatkan nyawa Raju, memastikan ia bisa mendapatkan perawatan dan pengobatan secepatannya dari tim medis. Sehari sebelum Raja mati, tim dokter dari BKSDA Aceh dan Veswicc baru berkunjung memastikan Raja sehat, dan Raju diobati dengan memberinya infus selama 8 botol,” sebutnya.

Raja yang berumur 2 tahun ditemukan warga tanpa induk di sekitar kebun pada akhir April 2013. Ia dipelihara warga hampir 3 bulan lamanya sebelum akhirnya mati mendadak. Kemungkinan karena ketidakpahaman warga yang mengasuh dalam pemberian makanan. Sementara Raju ditemukan warga sekitar 10 hari lalu. Tampaknya ia baru beberapa hari dilahirkan. Dia ditemukan warga sendiri di kebun. Induknya tak tahu kemana, menurut warga kemungkinan induknya telah mati kena racun.

Sejumlah anak-anak muda di Banda Aceh yang peduli Raju menggalang dana untuk biaya perawatan Raju. “Kami mengetuk hati semua orang untuk menyisihkan uang Rp 1000 untuk Raju. Dana ini kami akan serahkan ke tim medis untuk dipakai merawat Raju sesegera mungkin,” kata Nurjannah.

Kebutuhan darurat untuk Raju adalah susu non laktosa 4 kotak per hari juga obat-obatan. Saat ini komunitas Animal Lovers di Jakarta juga menyatakan akan menggalang dana untuk Raju. Gerakan kepedulian Raju ini merupakan semangat untuk menyelamatkan gajah sumatera dari kepunahan. Tahun 2011 IUCN mengumumkan penurunan status gajah sumatera menjadi kritis, satu langkah lagi menunju kepunahan. Selama kurun 10 tahun jumlah gajah sumatera menurun 50 persen akibat hilangnya hutan sebagai habitat mereka. Jumlahnya di hutan Sumatera saat ini hanya berkisar 2.400 – 2.800 ekor saja.

Gerakan ini sudah mulai melalui media sosial dengan tagar #1000untukRaju. Untuk donasi bisa langsung ke kotak2 yang akan disediakan atau ke BRI Cab Banda Aceh No rek 0037-01-009153-53-6 a.n Darah Untuk Aceh. Informasi lanjut bisa menghubungi Nuu Husien 082364621699 atau Chikrini 08116803191. (ed)

  • Share on Tumblr

Share This Post

Related Articles

© 2016 I Love Aceh. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie