• Salah satu ikon Aceh, Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh
  • Taman Kuliner Ulee LheuePusat jajanan dan wisata di Taman Kuliner Ulee Lheue Banda Aceh
  • Kuala BubonJembatan Kuala Bubon Aceh Barat menjadi salah satu daya tarik wisata
  • Sate MatangSalah satu kuliner "Sate Matang" yang berasal dari Matangglumpangdua, Bireuen
  • Tari SeudatiTari Seudati yang merupakan tarian yang begitu populer di Aceh
Slider 11 Slider 22 Slider 33 Slider 44 Slider 55
NSP Single Prang Sabi - Niken

5 Orang Pencari Kayu Belum Bisa Dievakuasi dari Hutan Tenggulun

Lima dari enam orang pencari kayu di kawasan hutan Leuser, pucuk Sungai Rengas Desa Tenggulun, Aceh Tenggara belum bisa dievakuasi karena masih menjadi sasaran terkaman harimau. Hingga saat ini pencari kayu alim (Aquilaria malaccensis) masih bertahan di atas pohon.

Salah satu dari mereka dinyatakan telah meninggal dunia, akibat dimangsa oleh harimau yang masih menunggu di bawah pohon sejumlah tujuh ekor, yang sebelumnya hanya empat ekor.

Kelima pencari kayu, yang berangkat sejak Kamis (4/7/2013) malam belum mendapatkan makanan dan masih bermalam di atas pohon. Kondisi ini tentu membuat kondisi fisik mereka semakin melemah.

Sejak hari Jum’at (5/7/2013), warga setempat dengan pihak Polisi bersama TNI dan tim SAR sudah menuju ke lokasi tersebut. Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Dicky Sondani SIK MH melalui Kapolsek Kejuruan Muda, Iptu Surya Purba, mengatakan upaya penyelamatan dan bantuan bagi kelima pencari kayu alim itu terus dilakukan.

Adapun keenam orang pencari kayu tersebut adalah David (28), Adi Susilo (37), Mujiono (33), Budi Setiawan (36), Suriadi (39) dan Awaluddin (26). Sementara David yang dinyatakan telah meninggal dunia karena diterkam harimau.

Kronologi Diserang Harimau

Pada Rabu (3/7) malam mereka menginap di tengah hutan. Sebelum tidur, mereka memasang jerat untuk memerangkap hewan yang bisa dimakan, seperti kancil atau rusa. Namun, di luar dugaan yang terjerat malam itu justru seekor anak harimau yang disebut-sebut langsung mati.

Selagi mereka beristirahat, tiba-tiba sekitar pukul 03.00 WIB muncul empat ekor harimau dewasa di lokasi mereka menginap. Diduga induk harimau marah karena anaknya mati. Tanpa pikir panjang, keenam pencari kayu alim itu langsung berlari mencari pohon terdekat untuk dipanjat.

Pada saat memanjat pohon di tengah malam buta itulah, salah satu dari mereka, David, terjatuh dan langsung diterkam harimau. “Informasi terakhir, tubuh korban tinggal setengah setelah dimakan oleh empat harimau,” ujar Kapolsek mengutip keterangan datok penghulu (kepala desa) seperti dilansir serambinews.com.

Gunung Lesten di kawasan hutan Leuser, Aceh Tamiang memang kerap menjadi salah satu lokasi bagi pencari kayu alim sejenis kayu yang memiliki aroma dan bau harum, tidak jarang kondisi medan pun sangat liar dan kerap dipenuhi oleh berbagai binatang buas. Seperti yang pernah terjadi beberapa bulan lalu, Maret 2013,  sekitar 11 warga juga dinyatakan hilang dan tersesat yang akhirnya Datok Penghulu (Ketua Desa) Tenggulun, Abdullah Sani bersama warga setempat dan dibantu pihak terkait turun tangan untuk menyelamatkan mereka. (ed)

  • Share on Tumblr

Share This Post

Recent Articles

© 2016 I Love Aceh. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie