FIFA Umumkan 8 Grup Piala Dunia 2014


Suasana linimassa begitu deras, detik-detik pengambilan pot undian yang dilakukan oleh FIFA menandakan sejumlah tim dunia akan bersaing ketat dalam setiap grup. FIFA secara resmi telah menempatkan 32 negara peserta Piala Dunia 2014 Brasil ke dalam 4 pot, Jum’at (6/12/2013).

Dalam proses undian, akan ada 8 grup dengan 4 tim peserta di dalamnya yang terbentuk dari 4 pot. Sejumlah tim dunia tersebut bisa dilihat pada kota di atas.

Dalam akun resmi FIFA juga begitu sibuk pada saat pengundian tersebut, sejumlah pecinta bola dari berbagai dunia setiap menunggu status (update) terbaru.

Tidak hanya itu, jelang Piala Dunia 2014 juga ada sejumlah fakta menarik seperti dikutip dari Infostrada Sports tentang kondisi pemain, negara yang ikut serta dan masih banyak lainnya seperti disebutkan berikut ini:

  • Bosnia Herzegovina menjadi satu-satunya tim debutan pada Piala Dunia 2014.
  • Javier “Chicharito” Hernandez bisa menjadi pemain generasi ketiga yang memperkuat timnas Meksiko di Piala Dunia jika tampil di Brasil. Chicharito mengikuti jejak ayahnya, Gutierrez, dan kakeknya, Tomas Balcazar.
  • Ada 8 pemenang Piala Dunia, dan kedelapan tim itu akan tampil di Piala Dunia 2014. Mereka adalah Brasil, Uruguay, Argentina, Jerman, Italia, Inggris, Spanyol dan Prancis.
  • Ada tiga pemain yang menjadi top scorer di kualifikasi Piala Dunia 2014, Robin van Persie (Belanda), Luis Suarez (Uruguay) dan Deon McCaulay (Beliza).
  • Piala Dunia 2014 adalah perhelatan Piala Dunia ke-20. Hanya Brasil yang selalu bermain di 20 putaran final Piala Dunia.
  • Akan ada 32 tim yang tampil di putaran final Piala Dunia 2014. Jumlah 32 peserta di putaran final sudah digunakan sejak Piala Dunia 1998.
  • Jerman hanya kurang satu pertandingan untuk menggenapi 100 penampilan mereka di putaran final Piala Dunia. Sebelumnya Der Panzer sudah tampil di 99 pertandingan Piala Dunia.
  • Total ada 202 timnas yang tampil di kualifikasi Piala Dunia 2014. Jumlah itu sembilan negara lebih banyak daripada 193 negara anggota PBB.
  • Amerika Serikat menjadi negara dengan populasi terbesar yang akan tampil di Piala Dunia 2014, dengan 317 juta penduduk. Menariknya, sepakbola bukanlah olahraga utama di AS.
  • Ini adalah kali kedua Brasil menjadi tuan rumah Piala Dunia, setelah 1950. Ketika itu Uruguay yang menjadi juara di Piala Dunia 1950. 

Sementara itu, untuk bola yang akan digunakan nanti di Piala Dunia 2014 juga diperkenalkan pada saat proses pengundian berlangsung. Bola yang diberi nama ‘Brazuca’ ini sudah dirancang setengah tahun sebelumnya agar dapat dicoba kesempurnaannya. (ed)