Ini Dia Agenda Peringatan Tsunami di Aceh

People look at photographs of the 2004 tsunami, at the Ulee Lheue mass grave near Banda Aceh, Aceh province / Tarmizy HarvaJelang peringatan tsunami di Aceh, 26 Desember mendatang sejumlah persiapan terus dimatangkan. Tidak saja komunitas-komunitas, agenda resmi dari Pemerintah Aceh juga akan dilangsungkan dalam rangka memperingati sembilan tahun tsunami (tagar resmi #9thnTsunami di jejaring sosial).

“Peringatan tsunami tahun ini akan dipusatkan di lapangan Blang Padang Banda Aceh, agenda ini bertujuan untuk mengenang kembali terjadinya musibah gempa dan gelombang tsunami yang maha dahsyat menimpa Aceh,” kata Kadisbudpar Aceh Drs. Adami Umar, MPd, Sabtu (21/12/2013) lalu.

Sejumlah tamu juga akan menghadiri acara ini, baik dari dalam dan luar negeri (Malaysia, Jepang) serta para alim ulama, tokoh masyarakat, dan lainnya.

Selain itu, acara peringatan tsunami juga akan digelar disetiap daerah di Aceh, baik tingkat kabupaten/kota. Pihak Pemerintah Aceh juga telah menghimbau kepada seluruh masyarakat maupun kelompok-kelompok pengajian atau komunitas lainnya, siswa dan mahasiswa untuk dapat hadir agar dapat melakukan do’a bersama kepada para syuhada tsunami dengan memakai busana muslim muslimah warna putih.

Sementara itu juga dihimbau kepada para pedagang-pedagang besar dan kecil khususnya di sekitar kota Banda Aceh agar dapat menunda membuka toko sampai dengan pukul 11.00 wib.

Inilah beberapa agenda kegiatan untuk peringatan 9 tahun tsunami di Aceh, dimulai pada tanggal 25 Desember 2013 dengan penanaman pohon di sekitar kota Banda Aceh.

Dilanjutkan dengan renungan malam Tsunami bertempat di halaman Kantor Walikota Banda Aceh juga pameran foto. Kemudian pada tanggal 26 Desember 2013 pukul 07.00 WIB diadakan ziarah ke makam syuhada tsunami di Ulee Lheue. Sedangkan pada jam yang sama pula dilaksanakan zikir dan do’a bersama di Lapangan Blang Padang sampai dengan pukul 08.00 wib.

Selanjutnya upacara peringatan detik-detik tsunami akan dimulai pada pukul 08.00 wib sampai dengan selesai di Lapangan Blang Padang Banda Aceh. (ed)

  • Share on Tumblr