• Salah satu ikon Aceh, Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh
  • Taman Kuliner Ulee LheuePusat jajanan dan wisata di Taman Kuliner Ulee Lheue Banda Aceh
  • Kuala BubonJembatan Kuala Bubon Aceh Barat menjadi salah satu daya tarik wisata
  • Sate MatangSalah satu kuliner "Sate Matang" yang berasal dari Matangglumpangdua, Bireuen
  • Tari SeudatiTari Seudati yang merupakan tarian yang begitu populer di Aceh
Slider 11 Slider 22 Slider 33 Slider 44 Slider 55
NSP Single Prang Sabi - Niken

Anggota Parlemen Muda Gelar Konsultasi Regional di Aceh

Foto bersama peserta diskusi dan Anggota Parlemen Muda Aceh / ISTSetelah melewati beberapa tahap seleksi dalam ajang Parlemen Muda Indonesia 2014, akhirnya Muhammad Asy Syauqie, mahasiswa Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam UIN Ar-Raniry yang juga merupakan anggota komunitas The Leader ini lolos menjadi salah satu Anggota Parlemen Muda (APM) Indonesia. Belajar dari pengalaman tahun lalu, persiapan yang matang, menjadi kunci keberhasilan APM dalam mewakili suara dan kepentingan anak muda saat Sidang Majelis Umum yang diadakan di tingkat nasional.

Terpilih menjadi APM bukanlah akhir dari semua tahap, Syauqi selanjutnya berkewajiban menjaring aspirasi anak muda di daerah asalnya melalui proses konsultasi yang demokratis dan inklusif, yang kemudian direalisasikan dalam sebuah pertemuan Konsultasi Regional (KR). KR ini berisi diskusi beberapa topik penting yang akan di brainstormng oleh peserta yang merupakan pemuda perwakilan komunitas, organisasi APM berada.

KR dilaksanakan pada hari Sabtu (4/1/2014) bertempat di Aula RKU Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Peserta yang hadir berjumlah 42 orang berasal dari berbagai komunitas, organisasi, dan perguruan tinggi di Aceh.

Topik yang dididiskusikan antara lain: Keberlanjutan Lingkungan dan Ekologi; Hak dan Kesehatan Seksual dan Reproduksi; Pembangunan dan Keadilan Sosial; Anak Muda dan Penggunaan Rokok, Miras, dan Zat Adiktif; Pendidikan dan Pemberdayaan Pemuda; dan Pembangunan yang Suistinable sebagai topik pilihan. Diskusi dilakukan berkelompok yang masing-masing dipandu oleh fasilititator yang kemudian di rangkum menjadi poin-poin penting untuk dibawa ke Umum APM.

Sebagai penutup KR, Syauqi meminta dukungan teman-teman yang telah hadir mengenai persiapan dan pelaksanaan Majelis Pemuda yang akan dilaksanakan pada 25-30 Januari mendatang di Jakarta. Sebagai tambahan Syauqi juga menginformasikan bahwa setelah selesai dengan Majelis Umum, APM akan kembali ke provinsi masing-masing untuk melakukan sosialisasi (atau bahkan advokasi) atas deklarasi yang dihasilkan dalam Majelis Umum.

Adapun di tahap awal penyeleksian, salah satunya, Syauqi mengadakan petisi yang bisa dilihat disini dan berhasil menjaring 231 pendukung. (dev/ed)

  • Share on Tumblr

Share This Post

Related Articles

© 2016 I Love Aceh. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie