• Salah satu ikon Aceh, Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh
  • Taman Kuliner Ulee LheuePusat jajanan dan wisata di Taman Kuliner Ulee Lheue Banda Aceh
  • Kuala BubonJembatan Kuala Bubon Aceh Barat menjadi salah satu daya tarik wisata
  • Sate MatangSalah satu kuliner "Sate Matang" yang berasal dari Matangglumpangdua, Bireuen
  • Tari SeudatiTari Seudati yang merupakan tarian yang begitu populer di Aceh
Slider 11 Slider 22 Slider 33 Slider 44 Slider 55
NSP Single Prang Sabi - Niken

Gerakan “Learning TOEFL for Free” Muncul di Banda Aceh

Ayu UlyaAksi sejumlah anak muda memang tidak terbatas oleh jarak dan waktu, selain bisa bergerak di jejaring sosial yang saat ini sedang tren bisa juga melahirkan ide-ide cemerlang yang harus digerakkan secara bersama lewat kolaborasi di dunia nyata.

Berita bahagia datang dari rakan kita Ayu Ulya, alumni dari Fakultas Tarbiyah Prodi Bahasa Inggris atau disebut TEN IAIN (UIN) Ar-Raninry ini menggerakan sebuah gerakan kecil yang diberi nama “Learning TOEFL for Free”.

Gerakan Ayu ini berawal dari maraknya tekanan permintaan nilai TOEFL yang cukup tinggi untuk urusan itu dan ini. Selain itu juga biaya yang tinggi membuat sejumlah mahasiswa harus berpikir ulang.

“Ditambah lagi dengan biaya les TOEFL yang bisa dikatakan menguras isi dompet, isi hati sekaligus bak mandi. Banyaknya cita-cita yang luruh dalam rangka melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi padahal keilmuan bidang yang mereka kuasai cukup tinggi. Semua langkah seketika berhenti karena makhluk yang kita namakan ‘TOEFL’ ini,” tulis Ayu dalam status di Facebook, Minggu (12/1/2014).

Seperti kita ketahui, Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) beberapa waktu lalu mengumumkan sebagai persyaratan kelulusan calon sarjana di kampus tersebut, skor Test of English as Foreign Language (TOEFL) dinaikkan dari 450 menjadi 475 yang berlaku untuk mahasiswa mulai Angkatan 2010 ke atas dengan sejumlah alasan dan kepentingan era globalisasi.

Ayu pun tidak mau bergerak sendiri, gerakannya ini ingin juga merangkul teman-teman yang lain untuk bisa berbagi bersama. “Ingin rasanya mengajak segenap teman-teman yang memiliki segelintir keilmuan tentang TOEFL untuk bersama-sama melakukan gerakan “Learning TOEFL for Free” di setiap sudut di perkampusan di seluruh wilayah Aceh. Untuk tahap awal, bisa kita mulai di Banda Aceh,” sambungnya.

Hingga saat ini, Ayu sudah mulai menggerakan program tersebut diberbagai kalangan mahasiswa. “Saya pribadi sudah memulainya, di jurusan matematika Fak. MIPA, Unsyiah. Untuk saat ini, fokus saya lebih kepada mahasiswa/i non-Bahasa Inggris terutama semester akhir (semester 6 ke atas),” sebut pemilik akun @ayumten.

Bagaimana, tertarik untuk menjadi sukarelawan bersama Ayu dan menjagi bagian anak-anak muda yang insyaAllah bisa #positifkanAceh kedepannya. Bisa menghubunginya melalui alamat surel ayumten@yahoo.co.id atau lewat kontak pribadi 082367762460. (ed)

  • Share on Tumblr

Share This Post

Related Articles

© 2016 I Love Aceh. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie