• Salah satu ikon Aceh, Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh
  • Taman Kuliner Ulee LheuePusat jajanan dan wisata di Taman Kuliner Ulee Lheue Banda Aceh
  • Kuala BubonJembatan Kuala Bubon Aceh Barat menjadi salah satu daya tarik wisata
  • Sate MatangSalah satu kuliner "Sate Matang" yang berasal dari Matangglumpangdua, Bireuen
  • Tari SeudatiTari Seudati yang merupakan tarian yang begitu populer di Aceh
Slider 11 Slider 22 Slider 33 Slider 44 Slider 55
NSP Single Prang Sabi - Niken

Yuk, Daftar di Program Pertukaran Pelajar Bina Antarbudaya

Poster Bina Antarbudaya 2014Bina Antarbudaya Chapter Banda Aceh kembali membuka pendaftaran bagi siswa kelas 1 SMA/MA/SMK/ Sederajat yang ingin mengikuti program pertukaran pelajar ke luar negeri (Asia-Pasifik, Eropa dan Amerika). Pendaftaran dibuka mulai 1 Maret sampai 13 April 2014 bagi yang berumur 16-18 tahun melalui pembelian PIN pendaftaran langsung dan mengisi formulir secara online.

“Caranya siswa dapat membeli PIN pendaftaran 50 ribu rupiah ke volunteer kami di beberapa daerah kabupaten/kota. Kemudian mengaktifkan pin dan akun di website Bina Antarbudaya dan mengisi formulir, selanjutnya mengikuti seleksi,” jelas Project Officer Seleksi Bina Antarbudaya Chapter Banda Aceh, Roma.

Seleksi terdiri atas tiga tahapan di Chapter Banda Aceh yaitu, tes tulis (meliputi pengetahuan umum, Bahasa Inggris, dan esai Bahasa Indonesia), wawancara kepribadian dan wawancara Bahasa Inggris pada tahap kedua, serta tahap terakhir yaitu dinamika kelompok. Untuk tiap tahapan berlaku sistem gugur. Jumlah yang lolos tak berdasarkan kuato tapi berdasarkan kemampuan dari siswa yang mendaftar.

Program pertukaran pelajar ini berlangsung sebelas bulan nantinya. Siswa akan tinggal bersama orang tua angkat. Di sana, mereka akan belajar dengan sistem pendidikan luar negeri sekaligus memperlajari kebudayaan setempat. Sekembali ke Indonesia, mereka akan melanjutkan pendidikannya di kelas tiga lagi.

Tahun lalu, dari Aceh ada 250 pelajar yang mendaftar dan yang lulus ada empat pelajar yaitu Maria Ulfa Marwan dari SMAN 10 Fajar Harapan akan berangkat hari minggu besok 16 Maret ke Jepang melalui program AFS Jepang dan tiga siswa akan berangkat bulan Agustus nanti ke Amerika Serikat, Ratu Aisyah Chairunisa dari SMAN 4 Wira Bangsa Meulaboh, Muhammad Alfin Falha Mirza dari SMA Labschool Unsyiah dan Widya Azhar dari Pesantren Oemar Dyan Aceh Besar.

Program ini juga membuka kesempatan bagi pelajar difabel (siswa dengan kebutuhan khusus seperti tunanetra, tunarungu, tunawicara, dan tunadaksa) tanpa membedakan agam, ras, suku dan latar belakang sosial.

Tujuan dari pertukaran pelajar Bina Antarbudaya adalah menjadikan pelajar sebagai calon pemimpin ke depan yang inspiratif. 

Program akan terdiri atas dua pilihan yaitu Youth Exchange and Study (YES) berupa beasiswa penuh dari pemerintah Amerika Serikat (AS) dengan negara tujuan AS. Sedangkan American Field Service (AFS) adalah program yang biaya tak sepenuhnya ditanggung dengan tujuan negara-negara adalah Asia-Pasific (Thailand, Philipina, China, Jepang, dan Malaysia), Eropa (Italia, Jerman, Swis, Perancis, Belgia, dan Belanda) dan Amerika (Canada, Brazil, Meksiko, Amerika Serikat).

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi ke Kak Roma 0822 7231 2115 atau langsung lihat panduan pendaftaran di blog www.binabudaceh.blogspot.com. (rel)

  • Share on Tumblr

Share This Post

Recent Articles

© 2016 I Love Aceh. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie