• Salah satu ikon Aceh, Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh
  • Taman Kuliner Ulee LheuePusat jajanan dan wisata di Taman Kuliner Ulee Lheue Banda Aceh
  • Kuala BubonJembatan Kuala Bubon Aceh Barat menjadi salah satu daya tarik wisata
  • Sate MatangSalah satu kuliner "Sate Matang" yang berasal dari Matangglumpangdua, Bireuen
  • Tari SeudatiTari Seudati yang merupakan tarian yang begitu populer di Aceh
Slider 11 Slider 22 Slider 33 Slider 44 Slider 55
NSP Single Prang Sabi - Niken

Yuk, Dukung “Social Media Goes to School” di Hibah Cipta Media Seluler

Cipta_Media_Seluler_-_CMS_LogoBeberapa pekan lalu, sejumlah komunitas, lembaga, dan organisasi yang ada di Banda Aceh serta sejumlah mahasiswa dan akademisi mendapatkan undangan untuk menghadiri program sosialisasi Hibah Cipta Media Seluler (CMS) yang bertempat di Politeknik Aceh, Senin (7/4/2014).

Tidak ketinggalan, dari komunitas @iloveaceh juga dihadiri oleh beberapa anggota ILATeam (sebutan untuk anggota tim di @iloveaceh) yang berkesempatan untuk mendengarkan sejumlah arahan dari perwakilan CMS, seperti @nanangsyaifudin dan @tjatur.

Cipta Media Seluler (CMS) sendiri merupakan program hibah terbuka yang mengajak individu, komunitas, atau organisasi untuk memunculkan inisiatif-inisiatif perubahan sosial yang lebih adil, dengan menggunakan teknologi seluler. Hibah terbuka ini menyediakan dukungan dana sebesar 750 ribu dolar AS, bagi inisiatif-inisiatif teknologi seluler terbaik yang dapat dimodifikasi dan dicontoh untuk diterapkan di daerah lain.

Semangat Berbagi lewat Social Media

Dari ILATeam sendiri juga turut menyumbangkan ide, yakni dengan nama Komunitas @iloveaceh Social Media Goes to School yang masuk untuk kategori Produksi & Penyampaian Konten. Ide dari ILATeam sendiri ini sudah mulai dilaksakan beberapa kali di sekolah-sekolah di Banda Aceh, tentunya dengan ikut serta dalam program hibah CMS diharapkan kedepan bisa terus melakukan upaya sosialisasi penggunaan social media yang positif kepada siswa-siswi di sekolah, mulai dari sisi edukasi, etika, dan lainnya.

Ide Social Media Goes to School ini bisa dilihat secara lengkap di laman http://www.ciptamedia.org/183/ yang mendapatkan nomor urut 183. Selain itu, sejumlah ide yang masuk ke CMS juga membutuhkan dukungan dan seleksi publik yang hingga masih terbuka lebar untuk bisa lolos pada tahap seleksi berikutnya.

Rakan-rakan bisa mendukungnya lewat membuka laman ini, lalu membaginya di Facebook dan Twitter. Selain itu juga terbuka peluang dukungan lewat SMS. Seperti yang bisa dilihat di bawah ini:

Social Media Goes to School - Komunitas @iloveaceh

Ide lainnya dari Aceh di Program Hibah CMS

Selain dari Komunitas @iloveaceh, beberapa ide lainnya juga sudah mulai banyak yang masuk ke CMS khususnya dari dari kalangan blogger, mahasiswa, jurnalis, dan lembaga yang ada di Aceh, .

Beberapa ide dari Aceh diantaranya yang masuk ke CMS, seperti kategori aplikasi M-SIGAM (Mobile System Informasi Gampoeng), aplikasi Mobile Cloud Accounting Apps (Mocaps) untuk UKMSemua Orang Bisa Terbantu: Software untuk pencari donor darahPeta Risiko Bencana Seluler dan Pusat Informasi dan Mitigasi Bencana (PIMB)MobiTV Community (Mobile TV Community), dan masih banyak lainnya yang bisa Anda dukung juga dengan melihat disini.

Mari kita berikan dukungan untuk ide dari rakan-rakan di Aceh ini, besar harapan ide-ide dari Aceh ini lolos ke tahap seleksi selanjutnya dan bisa terealisasi dengan baik nantinya serta dapat membantu sejumlah kalangan, mulai dari petani, mahasiswa, hingga masyarakat pada umumnya.

Mari kita #positifkanAceh lewat karya dan kemampuan kita masing-masing bersinergi dalam membantu sesama. (ed)

  • Share on Tumblr

Share This Post

Related Articles

© 2016 I Love Aceh. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie