• Salah satu ikon Aceh, Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh
  • Taman Kuliner Ulee LheuePusat jajanan dan wisata di Taman Kuliner Ulee Lheue Banda Aceh
  • Kuala BubonJembatan Kuala Bubon Aceh Barat menjadi salah satu daya tarik wisata
  • Sate MatangSalah satu kuliner "Sate Matang" yang berasal dari Matangglumpangdua, Bireuen
  • Tari SeudatiTari Seudati yang merupakan tarian yang begitu populer di Aceh
Slider 11 Slider 22 Slider 33 Slider 44 Slider 55
NSP Single Prang Sabi - Niken

Gita Cinta Akan Hadirkan Jakarta Melayu Festival 2014

Konferensi Pers Jakarta Melayu Festival 2014 (IST)Berawal dari sebuah idealisme untuk mengangkat harkat musik melayu, yang merupakan salah satu budaya dan musik asli Nusantara, Gita Cinta Production akan menggelar Jakarta Melayu Festival yang ketiga kalinya pada Jum’at, (22/8/2014) mendatang di Theater Jakarta Taman Ismail Marzuki Jakarta Pusat.

Pagelaran yang bertajuk “Melayu Menyatukan Kita” ini merupakan sebuah ikhtiar bersama anak bangsa agar musik melayu klasik dapat mengambil peran penting di blantika musik nasional yang kini tengah terpuruk di pasar industri rekaman, mengingat musik melayu adalah musik yang paling mengakar di masyarakat Indonesia sejak ratusan tahun lalu, namun selama ini kurang dilirik oleh industri musik tanah air.

Produser Gita Cinta Production, Geisz Chalifah, menyebutkan festival ini sebagai langkah untuk menggelar Malam Pagelaran Musik Melayu merupakan langkah ideologis dan strategis.

“Budaya positif itu kini telah tergantikan oleh budaya pop (pop culture) yang cenderung artifisialistik dan tidak mengandung nilai-nilai yang relevan bagi pengembangan karakter masyarakat dan bangsa,” kata Geisz dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (19/6/2014).

Secara ideologis, menurut Geisz, pihaknya miris dengan dampak negatif globalisasi yang telah menggusur habis budaya dan seni substansial bangsa yang penuh kerakter. Menjadi strategis karena ditengah pemilihan presiden yang tengah berlangsung anak bangsa diberikan wadah untuk mengingat bahwa kita adalah satu bagian yang tak terpisahkan dari bingkai Negara Indonesia dan Melayu adalah jati diri yang merupakan identitas nasional bangsa.

“Dalam bidang kesenian, musik-musik pop secara total telah “merajai” pasar karena customer utama mereka adalah kalangan remaja dan anak muda yang rata-rata belum kritis terhadap agresi nilai dari budaya lain. Dalam batas tertentu, hal ini mungkin dapat dimaklumi karena perkembangan kesadaran berbudaya belum tumbuh kental di usia mereka. Apalagi nyaris tak ada alternatif,” jelas Geisz.

Untuk itu, Gita Cinta Production berupaya memberi alternatif bagi kaum muda Indonesia, sekaligus juga kaum tuanya, dengan menghadirkan sebuah pagelaran musik melayu yang dikemas apik dan sesuai “semangat zaman”, tapi tidak menghilangkan substansi nilai yang dikandungnya.

“Masyarakat harus disuguhi kembali musik yang bermutu, yang mendidik, sekaligus yang dapat diterima pasar,” paparnya.

Langkah strategis yang coba dikenalkan oleh Gita Cinta Production ini diharapkan mampu membangkitkan kesadaran kolektif bangsa untuk tetap teguh menumbuh kembangkan musik dan budaya melayu sebagai internalisasai nilai-nilai dan ekspresi kesenian yang berkarakter. Sekaligus pula untuk menumbuhkan kesadaran (awareness) kalangan muda terhadap seni dan budaya bangsa sejak dini, sehingga tidak kehilangan arah dalam menerima segala bentuk agresi nilai dan budaya asing yang belum tentu konstruktif bagi diri, keluarga, dan masyarakat.

Dalam pagelaran festival ini, nantinya akan dihadirkan karya-karya Melayu baru hasil dari seniman muda Indonesia dan para maestro musik dan lagu melayu lainnya. Tidak ketinggalan, sejumlah penyanyi dan seniman nasional juga akan turut hadir memeriahkan, seperti Fadly (Padi), Amigos Band, Uma Tobing (Juara Indonesia Mencari Bakat), Novi Ayla (KDI), Darmansyah, Niken Astri (KDI), Duoa Shahab, Rafly kande, dan sebagai arranger Anwar Fauzi Orchestra. (ed/sp)

  • Share on Tumblr

Share This Post

Related Articles

© 2016 I Love Aceh. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie