• Salah satu ikon Aceh, Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh
  • Taman Kuliner Ulee LheuePusat jajanan dan wisata di Taman Kuliner Ulee Lheue Banda Aceh
  • Kuala BubonJembatan Kuala Bubon Aceh Barat menjadi salah satu daya tarik wisata
  • Sate MatangSalah satu kuliner "Sate Matang" yang berasal dari Matangglumpangdua, Bireuen
  • Tari SeudatiTari Seudati yang merupakan tarian yang begitu populer di Aceh
Slider 11 Slider 22 Slider 33 Slider 44 Slider 55
NSP Single Prang Sabi - Niken

Yuk ke Aceh Naik Bus

Bus lintas Medan-AcehSampai di kota Medan terus mau ke Aceh? Gak usah bingung. Banyak kok transportasi yang bisa membawa kamu sampai di tanah Serambi Mekkah.

Kalau pesawat kemahalan, kamu bisa berangkat menggunakan bus-bus yang menyuguhkan kenyamanan nomor satu buat penumpangnya. Harga? Gak usah bingung. Bus-bus menuju ke Aceh juga banyak memberikan pilihan harga sesuai isi kantong kamu.

Bus trayek Medan-Banda Aceh atau sebaliknya membuka harga tiket dari kisaran Rp.130.000-Rp.250.000. Kisaran harga tiket bus tersebut terbagi ke dalam beberapa kelas, ada yang biasa, patas, nonstop, dan jetbus. Untuk infomasi mengenai perbedaan detail perbedaan kelas tersebut, kamu bisa menanyakan langsung dengan penjaga kasir yang ada di loket bus.

Bus Kurnia, Sempati Star, Putra Pelangi adalah bus-bus idola penumpang diantara banyaknya bus-bus lainnya (termasuk saya sendiri merekomendasinya). Kenapa saya merekomendasinya? Karena bus-bus tersebut sudah punya citra yang baik di benak konsumen dan juga memberikan banyak opsi harga tiket serta fasilitas yang buat kamu gak ngerasa lagi naik bus.

Sunggal-20140121-00657Ada 2 kelas bus yang menjadi idola saya selama ini, saya menyebutnya bus Nonstop 2-1 dan Jetbus. Alasannya karena 2 kelas bus ini memberikan kenyamanan nomor wahid, tepat waktu dan gak bikin kamu ngerasa lagi nempuh perjalanan jauh naik bus. Mengingat jam tempuh Medan-Banda Aceh itu sekitar 10 jam.

Lalu bedanya apa? Nah kalau di bus Nonstop 2-1 itu busnya tidak berhenti-berhenti kecuali makan dan Shalat. Tapi bahkan terkadang juga gak berhenti makan. Intinya cepat sampai deh ke tujuan.

Begitu juga dengan Jetbus, dari namanya kebayang bus ini ada Jet-nya. Dan pastinya, bus ini insya Allah bakal lebih cepat sampai ke tujuan daripada bus 2-1 nonstop.

Kemudian, kedua bus ini juga peduli sama namanya ‘jomblo’. Tak hanya 2 seat, kedua bus ini juga menyediakan 1 seat untuk kamu yang berpergian sendiri. Jadi kalau merasa nyaman sendiri, kamu bisa memilih untuk mengambil seat yang ini.

20140708_200251 (Large)

bangku peduli jomblo

Dan terakhir, total bangku di kedua bus ini hanya sedikit (kurang tau berapa persisnya). Bangku yang sedikit ini berarti memberikan space yang lebih luas antara bangku satu dengan bangku lainnya yang ada didepan atau belakang kamu. Jadi gak bakal ngerasain sempit. Mau tidur selonjoran juga enak.

Selain itu, kedua kelas bus favorit anjon ini juga menyediakan wi-fi, selimut, snack, dan toilet untuk kamu yang kebelet buang air kecil.

Kalau soal kocek, kedua bus favorit anjon ini harganya dari 180ribu, 200 ribu,230 ribu, dan 250 ribu. Tergantung perusahaan bus mana yang kamu pilih.

Nah, berhubung lebaran juga sebentar lagi dan kamu-kamu pada mau mudik serta liburan, udah ah gak usah bingung mau pulang naik apa dan bus yang bagaimana. Selesai baca ini, kamu pasti udah bisa nentuin dan langsung gak ragu ke loket. Saya mengucapkan, selamat berkunjung ke Aceh ya. (@antoniogayo)

Baca tulisan lainnya : 5 Penyebab Tidak Nyaman Saat di Bus

  • Share on Tumblr

Share This Post

Related Articles

  • Mohd Fazli Bin Abdullah

    Mohon bantuan, saya dari Malaysia berencana ke Banda Aceh lewat jalan laut dan darat. Naik kapal feri akan sampai Tanjung Balai jam 4 sore. Kalau mau langsung ke Banda Aceh, apa harus cari bis di Medan dulu, atau bisa naik dari mana-mana? Terus, bus ke Banda Aceh itu masih ada sampai jam berapa paling malam?

    Makasih didulukan

    • Kalau dari Tanjung Balai bisa menunggu bis dari Medan – Banda Aceh, biasanya dari Medan setiap sore sudah mulai keluar bus tujuan Banda Aceh. Bus dari Medan paling telat jika tak salah itu pukul 23.00 WIB.

© 2016 I Love Aceh. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie