• Salah satu ikon Aceh, Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh
  • Taman Kuliner Ulee LheuePusat jajanan dan wisata di Taman Kuliner Ulee Lheue Banda Aceh
  • Kuala BubonJembatan Kuala Bubon Aceh Barat menjadi salah satu daya tarik wisata
  • Sate MatangSalah satu kuliner "Sate Matang" yang berasal dari Matangglumpangdua, Bireuen
  • Tari SeudatiTari Seudati yang merupakan tarian yang begitu populer di Aceh
Slider 11 Slider 22 Slider 33 Slider 44 Slider 55
NSP Single Prang Sabi - Niken

Upacara Bawah Laut Pertama di Kawasan Titik Nol Indonesia

Upacara Bendera HUT RI Sabang / Foto @acehdivingApa rasanya jika upacara bendera sambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-69 tahun dilaksanakan di bawah laut? Penasaran tentunya bukan. Aceh Diving Championship (ADC) yang digelar di Sabang sejak 15 hingga 17 Agustus lalu ternyata berlangsung sukses dan untuk pertama kali melakukan pengibaran bendera bawah laut dengan formasi lengkap di kawasan perairan Gapang, Kota Sabang Propinsi Aceh.

Kegiatan upacara yang menggunakan 2 Kirby Morgan Bandmask (KMB) tersebut digunakan oleh Inspektur Upacara dan Komandan Upacara, sehingga bisa berkomunikasi 2 arah.

Ketua panitia pelaksana ADC, Octowandi menyebutkan, upacara bawah laut tersebut juga didokumentasikan lewat CCTV. “Upacara juga direkam melalui CCTV dari bawah laut, dengan harapan bisa di saksikan langsung oleh masyarakat dari atas KAL Simeulu milik TNI Angkatan Laut Sabang,” sebutnya, Minggu (17/8/2014).

Adapun yang bertindak sebagai Inspektur Upacara Danlantamal I Belawan Laksamana TNI Pulung Pambudi dan Komandan Upacara Danlanal Sabang Kolonel Laut (P) Imam Musani, SE.

“Sebanyak 200 peserta akan ikut dalam kegiatan upacara pengibaran bendera dibawah laut ini, dan lebih dari 100 orang diantaranya akan menjadi peserta dibawah laut, ini merupakan upacara lengkap selayaknya upacara pengibaran bendera yang dilakukan di lapangan di darat,” jelas Octowandi.

Sementara itu, opacara pengibaran bendera didalam laut mengambil posisi pada kedalaman 10-15 meter yang menghabiskan waktu selama 30 menit. Dari ratusan peserta yang ikut, juga berasal dari berbagai kota di Indonesia, diantaranya Pontianak, Bandung dan Medan, yang kesemuanya merupakan berasal dari berbagai elemen, yakni mahasiswa penghobi olahraga selam dan anggota TNI.

“Ini merupakan kegiatan upacara lengkap bawah laut pertama dilakukan di Indonesia, selain memperingati HUT Kemerdekaan ke-69 RI, sekaligus juga kita memperkenalkan potensi bawah laut yang dimiliki Pulau Sabang yang merupakan kawasan nol kilometer Indonesia,” ujar Octowandi.

Kejuaraan Selam

Selain itu, sebelum pelaksanaan upacara pengibaran bendera lengkap di bawah laut, ADC juga mengadakan kejuaraan diving yang diikuti oleh 152 peserta yang berasal dari dalam dan luar negeri. Katagori yang diperlombakan adalah katagori Fin Swimming untuk putra dan putri, Orientasi bawah laut (OBA) 5 Point putra dan putri, Bouyancy serta Under Water Clean Up.

Adapun nama-nama pemenang dari aneka lomba tersebut seperti untuk kategori Fin Swimming Putra, juara 1 diraih oleh Anwar (POSSI Sabang) 00.50’.35”, disusul M Habibie (Sabang) 00.50’.58” dan Syibran (BASARNAS) dengan waktu 00.52’.37”.

Sedangkan untuk kategori Fin Swimming Putri dimenangkan oleh Pooja Deviana (POSSI Aceh Utara) 01.02’.24” pada urutan pertama dan Isabelle (Bouet Swiss) 01.02’.37” pada urutan kedua serta Sri Mulyana (POSSI Aceh Timur) 01.06’.24”.

Pemenangn kategori OBA 5 Point Putra berhasil dimenangkan secara berturut-turut oleh Ermayudi DKI Jakarta, Wahyudi POSSI Sabang, Hidayat Iqbarullah POSSI Aceh Utara 4. Untuk kategori OBA 5 Point Putri, berhasil diraih oleh Jumiana POSSI Sabang, Dewi Hajriani POSSI Sabang, dan Nurul Najmi BASARNAS.

Sementara perlombaan kategori BOUYANCY, disabet oleh Ari Gunawan POSSI Sabang dengan waktu 00.56’.08”, Wahyudi POSSI Sabang 00.58’.45” pada urutan kedua dan Ermayudi DKI Jakarta dengan 01.17’.56”.

Tidak ketinggalan juga, kategori pemenang untuk perlombaan Under Water Clean Up diberikan kepada Ermayudi & Zuraimi DKI Jakarta & Arun LNG 97 sebagai juara 1, dan Taufiq & Aswa BASARNAS 40 sebagai juara 2 serta Riza & Binsar Sinaga BASARNAS 34  sebagai juara 3.

Menurut Octowandi, kejuaraan bawah laut yang telah sukses dilaksanakan ini, kedepannya akan digelar menjadi even tahunan. “Even kejuaraan dan upacara bawah laut ini akan dijadikan even tahunan, dan tahun depan direncanakan akan diadakan di kawasan Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil,” tutup. (ed)

  • Share on Tumblr

Share This Post

Related Articles

© 2016 I Love Aceh. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie