• Salah satu ikon Aceh, Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh
  • Taman Kuliner Ulee LheuePusat jajanan dan wisata di Taman Kuliner Ulee Lheue Banda Aceh
  • Kuala BubonJembatan Kuala Bubon Aceh Barat menjadi salah satu daya tarik wisata
  • Sate MatangSalah satu kuliner "Sate Matang" yang berasal dari Matangglumpangdua, Bireuen
  • Tari SeudatiTari Seudati yang merupakan tarian yang begitu populer di Aceh
Slider 11 Slider 22 Slider 33 Slider 44 Slider 55
NSP Single Prang Sabi - Niken

Piasan Selatan dan Barat Raya Aceh Kembali Digelar di TARASA

tari ratoh trieng/ilacrewDinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Aceh kembali menggelar Pentas Selatan Raya yang akan diisi oleh kota/kabupaten yang terdiri dari Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, dan Subulussalam sebagai bentuk rangkaian dari event tahunan di Taman Ratu Safiatuddin (TARASA) mulai Sabtu dan Minggu (10-11/10/2014).

Sebelumnya juga sudah pernah digelar Pesona Basajan (Banda Aceh, Sabang, Jantho)  pada bulan Agustus 2014 lalu yang dilanjutkan dengan Piasan Pidie Raya pada bulan September 2014.

Adapun untuk penampilan di Pentas Selatan Raya, Disbubpar Aceh telah mempersiapkan beberapa tim kesenian yang akan menampilkan sejumlah kesenian tari, diantaranya tari Rapai Geleng, tari Seudati, tari Tulak Bala, tari Putroe Along, dan tari Khanduri Laot.

Sementara itu pada malam berikutnya, Minggu (11/10/2014)  akan tampil Pentas Barat Raya yang akan diisi oleh penampilan kesenian dari  Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, dan Simeulue.

“Acara ini  juga akan dimeriahkan oleh artis Aceh legendaris Sabirin Lamno, yang akan membawakan tembang lagu dari album-albumnya tahun 1990 sampai sekarang,” ucar Ayi Sarjev selaku Stage Manager acara.

Menurut Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Aceh, Rasyidah menambahkan acara kesenian di TARASA ini diharapkan menjadi salah satu bentuk promosi wisata dalam rangka untuk menarik minat wisatawan luar untuk berkunjung ke Aceh.

“Ekspresi seni Aceh ini akan terus digelar di panggung utama area Pekan kebudayaan Aceh dari berbagai lintas multikultur aceh mulai dari kepulauan, pergunungan, pesisir barat dan timur Aceh. Mudah-mudahan dengan adanya event bulanan ini menjadi wadah bersama para pengkarya, seninam, dan menjadi paket promosi travel agent untuk para wisatawan asing maupun domestik,”  papar Rasyidah. (alf)

  • Share on Tumblr

Share This Post

Related Articles

© 2016 I Love Aceh. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie