Piasan Pasee Hibur Penonton di TARASA

seudati
foto by: ILACrew

Para seniman yang berasal dari Pesisir Utara Aceh, menyuguhkan tarian nan memukau di panggung Taman Ratu Safiatuddin (TARASA) pada, Sabtu (16/11/2014) malam.

Acara yang bertajuk “Piasan Pasee” ini dimeriahkan oleh Kabupaten Aceh Utara, Kabupaten Bireun, dan Kota Lhokseumawe.

Kota Lhokseumawe, sebagai mana kabupaten ini terkenal dengan pencetak seniman-seniman yang memiliki banyak kreatifitas, tampil diawal acara dengan menyuguhkan teater rakyat yang berjudul “Teungku Tapa”. Tak mau ketinggalan, Kabupaten Bireun juga menarik perhatian penonton dengan tarian gerakan yang dinamis dan heroik yaitu tari Seudati. Disamping itu juga ada tarian Rampoe dan Rabbani Wehed yang disuguhkan ke penonton dari sanggar Meuligoe Jeumpa. Aceh Utara juga menyuguhkan penampilan kesenian Aceh yang tak kalah memukau, kabupaten penghasil gas bumi terbesar di Aceh ini menampilkan pertunjukan Sandiwara yang dulu sangat terkenal di kabupaten tersebut.

Lewat perhelatan kesenian yang rutin sebulan sekali diadakan ini, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Aceh, Reza Fahlevi berharap panggung TARASA menjadi tempat yang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat.

“Taman Ratu Safiatuddin ini tak boleh sepi dari kegiatan kesenian. Kita terus galakkan agar TARASA ini tetap hidup dengan penampilan-penampilan kesenian Aceh,” sebut Reza.

joni
foto by: ILACrew

Piasan Pasee di panggung TARASA ini juga menghadirkan beberapa artis Aceh. Salah satunya Eumpang Breuh, film komedi Aceh yang para pemainnya sudah cukup terkenal dikalangan masyarakat Aceh ini juga memberikan hiburan kepada penonton. Bang Joni, Mando Gapi, Bang Taleb, para pemain film Eumpang Breuh ini membuat penonton tertawa lewat aksi-aksi lucu mereka di atas panggung. Tak hanya Eumpang Breuh, Amoeba Band juga turut menghibur penonton dengan lantunan musik yang mereka mainkan. (alf)