• Salah satu ikon Aceh, Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh
  • Taman Kuliner Ulee LheuePusat jajanan dan wisata di Taman Kuliner Ulee Lheue Banda Aceh
  • Kuala BubonJembatan Kuala Bubon Aceh Barat menjadi salah satu daya tarik wisata
  • Sate MatangSalah satu kuliner "Sate Matang" yang berasal dari Matangglumpangdua, Bireuen
  • Tari SeudatiTari Seudati yang merupakan tarian yang begitu populer di Aceh
Slider 11 Slider 22 Slider 33 Slider 44 Slider 55
NSP Single Prang Sabi - Niken

36 Negara Pastikan Hadir Diperingatan #10thnTsunami

Monumen Aceh Thanks The World yang terletak di Lapangan Blangpadang, Banda Aceh. (Foto by: @ILACrew)

Monumen Aceh Thanks The World yang terletak di Lapangan Blangpadang, Banda Aceh. (Foto by: @ILACrew)

Sebanyak 36 utusan negara sahabat, yakni setingkat duta besar dan sebanyak 34 lembaga swadaya masyarakat (LSM) internasional dipastikan menghadiri refleksi 10 tahun bencana gempa dan tsunami yang melanda Aceh, 26 Desember 2004 silam.

“Kehadiran para tamu dari mancanegara itu sebagai bentuk “terima kasih Aceh” kepada mereka yang pernah membantu Aceh pasca-tsunami hingga masa rehabilitasi dan rekonstruksi,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh Reza Fahlevi, Rabu (17/12/2014).

Rangkaian kegiatan utama peringatan 10 tahun tsunami akan dimulai di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh pada Kamis (25/12/2014) malam dengan kegiatan ‘Aceh Berzikir’ yang dipimpin langsung oleh Imam Masjid Nabawi, Syeikh Ali Jaber.

Sementara itu pada 26 Desember, puncak peringatan tsunami akan digelar upacara di lapangan Blangpadang. Selain itu, kegiatan pendukung lainnya juga akan ada Expo Kebencanaan, Karya Kreatif Aceh, dan pameran fotografi yang berlangsung 26-28 Desember di Blangpadang dan Museum Tsunami.

“Ekspo kebencanaan itu untuk menyampaikan pesan kepada generasi mendatang agar mereka bias mengingat kembali peristiwa memilukan itu. Ini penting agar generasi muda mengetahui dan dapat melakukan langkah-langkah meminimalisir jika terjadi bencana,” jelas Reza.

Selain itu, pada 26 dan 27 Desember 2014 dilaksanakan Malam Kesenian dan Malam Apresiasi Aceh untuk Dunia. Sedangkan Tsunami 10K bertema “Lari untuk Berbagi” dilaksanakan pada 28 Desember 2014 pagi. (alf)

  • Share on Tumblr

Share This Post

Related Articles

© 2016 I Love Aceh. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie