• Salah satu ikon Aceh, Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh
  • Taman Kuliner Ulee LheuePusat jajanan dan wisata di Taman Kuliner Ulee Lheue Banda Aceh
  • Kuala BubonJembatan Kuala Bubon Aceh Barat menjadi salah satu daya tarik wisata
  • Sate MatangSalah satu kuliner "Sate Matang" yang berasal dari Matangglumpangdua, Bireuen
  • Tari SeudatiTari Seudati yang merupakan tarian yang begitu populer di Aceh
Slider 11 Slider 22 Slider 33 Slider 44 Slider 55
NSP Single Prang Sabi - Niken

Mahasiswa Unsyiah Buat Aplikasi Rematik untuk Smartphone

Aplikasi reumatik hasil kreasi mahasiswa UnsyiahMahasiswa Unsyiah yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM-KC) meluncurkan sebuah inovasi yang menggabungkan disiplin ilmu kesehatan dan teknologi.

Tim yang diketuai oleh Ahmad Husnul Huluq dari Fakultas Kedokteran dan beranggotakan Nindy Aprilla Putri dari Fakultas Kedokteran serta Abbas Adam Az-zuhri dari Fakultas MIPA jurusan Informatika ini membuat sebuah aplikasi tentang rematik berbasis smartphone yang mereka beri nama “Ask Mr. Rematik”.

“Aplikasi ini lahir sebagai sebuah inovasi yang menjawab tantangan di era ini untuk membuat smartphone lebih bermanfaat daripada hanya sekedar untuk bermain game maupun selfie,” sebut Huluq.

Aplikasi yang mendapat dukungan dari DIKTI ini memuat banyak informasi mengenai penyakit rematik yang tentunya dibuat sedemikian rupa agar dapat dipahami oleh masyarakat awam.

Menurut Huluq, dalam aplikasi tersebut juga tedapat fitur-fitur yang ditonjolkan agar aplikasi ini menjadi beda.

“Beberapa fitur yang ditonjolkan dalam aplikasi ini seperti tes yang dapat mendeteksi keparahan penyakit rematik yang diderita oleh seseorang, menjawab mitos-mitos tentang penyakit rematik yang beredar di tengah-tengah masyarakat, video senam yang dapat mencegah keparahan penyakit rematik dan cara mengurangi rasa sakit pada penyakit rematik melalui teknik pengobatan herbal dan terapi,” jelasnya.

Aplikasi “Ask Mr. Rematik” saat ini masih dalam tahap uji coba di tengah-tengah masyarakat pengguna smartphone. Uji coba awal ini dilakukan untuk melihat bagaimana respon masyarakat dengan adanya aplikasi tersebut dan masukan-masukan apa saja yang dapat diberikan kepada aplikasi tersebut agar nantinya dalam tahap akhir pembuatannya aplikasi tersebut menjadi semakin lebih baik. (ed/ril)

  • Share on Tumblr

Share This Post

Related Articles

© 2016 I Love Aceh. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie