• Salah satu ikon Aceh, Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh
  • Taman Kuliner Ulee LheuePusat jajanan dan wisata di Taman Kuliner Ulee Lheue Banda Aceh
  • Kuala BubonJembatan Kuala Bubon Aceh Barat menjadi salah satu daya tarik wisata
  • Sate MatangSalah satu kuliner "Sate Matang" yang berasal dari Matangglumpangdua, Bireuen
  • Tari SeudatiTari Seudati yang merupakan tarian yang begitu populer di Aceh
Slider 11 Slider 22 Slider 33 Slider 44 Slider 55
NSP Single Prang Sabi - Niken

Sirup Jamblang Siap Dikenalkan di Pekan Ilmiah Nasional

Sirup Jamblang Hermis (IST)Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) 2015 akan segera digelar dalam waktu dekat, mulai 5-10 Oktober mendatang di Universitas Halu Oleo (UHO), Kendari, Sulawesi Tenggara.

Kegiatan akademik terbesar tahunan tersebut akan diikuti oleh sejumlah kampus yang ada di Indonesia, ada sejumlah Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang nantinya akan memamerkan hasil karya mahasiswa dari Sabang hingga Merauke.

Menariknya, sirup jamblang atau lebih dikenal dengan nama boh jambee kleng di Aceh ini ternyata menjadi salah satu dari 10 karya mahasiswa Unsyiah yang nantinya akan diundang ke tingkat nasional.

Sirup Jamblang Herbal dan Manis (Hermis) tersebut akan dibawa oleh tim PKM Kewirausahaan dari Fakultas Pertanian yang diketuai oleh Maulidiya Izzati.

Tim PKM Kewirausahaan Fakultas Pertanian UnsyiahMaulidia menyebutkan, sirup yang mereka kembangkan ini merupakan inovasi pangan fungsional yang nantinya bisa menjadi nilai jual dari buah jamblang itu sendiri.

“Buah jamblang di Aceh memang kerap ditemui dimana-mana, menurut kami buah jamblang ini bisa menjadi nilai jual serta kedepan akan menjadi oleh-oleh bagi orang-orang yang berkunjung ke Aceh untuk bisa membawa pulang sirup yang khas ini,” sebut anak bimbingan dari dosen Novi Safriani STP, MSc.

Tim yang dikomandoi oleh Maulidiya ini beranggotakan Yeni Chandra Dewi, Rizki Febriani, Bambang Aji Nagan, dan Muhammad Haris yang kesemuanya dari Jurusan Teknologi Hasil Pertanian FP Unsyiah.

Selain itu, Maulidiya juga berharap produk inovasi yang dikembangkan oleh tim PKM mereka bisa membawa nama baik Unsyiah dan Aceh ke ajang nasional, dan tentunya bisa mengenalkan jamblang bagi masyarakat luas lainnya.

“Mohon doa dan dukungannya ya rakan, semoga kami bisa¬†membawa nama baik universitas dan Aceh di PIMNAS nanti,” harap Maulidiya. (ed)

  • Share on Tumblr

Share This Post

Related Articles

© 2016 I Love Aceh. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie