• Salah satu ikon Aceh, Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh
  • Taman Kuliner Ulee LheuePusat jajanan dan wisata di Taman Kuliner Ulee Lheue Banda Aceh
  • Kuala BubonJembatan Kuala Bubon Aceh Barat menjadi salah satu daya tarik wisata
  • Sate MatangSalah satu kuliner "Sate Matang" yang berasal dari Matangglumpangdua, Bireuen
  • Tari SeudatiTari Seudati yang merupakan tarian yang begitu populer di Aceh
Slider 11 Slider 22 Slider 33 Slider 44 Slider 55
NSP Single Prang Sabi - Niken

Pesta Sains Nasional 2015, Sainskan Indonesia!

Pesta Sains Nasional (PSN) merupakan ajang kompetisi sains tahunan terbesar yang diselenggarakan oleh Institut Pertanian Bogor.

Pesta Sains Nasional 2015 mengusung tema “Indonesian Science”. Dukungan atas pengembangan riset modern dan inovasi di dunia sains berbasis kearifan lokal menjadi latar belakang diangkatnya tema tersebut.

Gelaran PSN 2015 akan melibatkan ribuan siswa/siswi SMA sederajat serta tim pengajar dari seluruh sekolah yangtersebar di Indonesia. Pesta Sains Nasional 2015 akan diselenggarakan selama dua hari, yaitu pada 14-15 November 2015.

Rangkaian kegiatan PSN 2015 di antaranya, kompetisi nasional himpunan keprofesian FMIPA IPB, seminar kurikulum dan keguruan, Talkshow Indonesian Science, Motivation Training, Maker at Pesta Sains, dan pemilihan guru teladan Pesta SainsNasional 2015.

Sebanyak 9 kompetisi nasional yang akan diselenggarakan, antara lain:

  1. STEM Young Researcher Awards;
  2. Kompetisi Statistika Jr. (Komstat Jr.) Departemen Statistika IPB;
  3. Meteorologi Interaktif (Metrik) dari Departemen Geofisika dan Meteorologi IPB;
  4. Lomba Cepat Tepat Biologi (LCTB) dari Departemen Biologi IPB;
  5. Chemistry Challenge (CC) dari Departemen Kimia IPB;
  6. Matematika Ria (MR) dari Departemen Matematika IPB;
  7. Computer Problem Solving Competition (CPSC) dari Departemen Ilmu Komputer IPB;
  8. Kompetisi Fisika (KF) dari Departemen Fisika IPB;
  9. Lomba Karya Ilmiah Populer (LKIP) dari Departemen Biokimia IPB.

Selain kompetisi nasional, PSN 2015 juga akan diisi oleh seminar kurikulum dan keguruan.

Seminar ini diadakan khusus untuk guru pendamping siswa-siswi peserta kompetisi. Meningkatkan motivasi guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa menjadi misi utama seminar ini.

Pemaparan materi pada seminar keguruan akan disampaikan oleh Ngainun Naim (penulis buku inspiratif, “Menjadi Guru Terkreatif”) dan Munif Chatib (penulis buku, “Gurunya Manusia”).

Seminar kurikulum akan diisi oleh TIM USAID SAInS-Columbia University (Rebecca Johnson) dan Dekan FMIPA (Dr. Ir. Sri Nurdiati, M.Sc).

Di akhir kegiatan akan diadakan secara simbolik penganugerahan guru teladan Pesta Sains Nasional 2015.

Selain seminar Kurikulum dan Keguruan, rangkaian kegiatan PSN 2015 akan diramaikan dengan Talkshow Indonesian Science, yang nantinya akan diisi oleh Menteri Pendidikan Dasar dan Kebudayaan Anies Baswedan serta dimoderatori oleh Andy F. Noya.

Talkshow ini dikhususkan kepada seluruh peserta kompetisi nasional.

Acara Motivation Training juga menjadi salah satu rangkain PSN 2015 yang bertujuan meningkatkan kepercayaan diri siswa-siswi untuk terus berani berprestasi.

Terakhir, yaitu Maker at Pesta Sains, sebuah pameran sains untuk mengapresiasi serta memperkenalkan hasil penemuan saintis FMIPA Institut Pertanian Bogor.

Kompetisi Nasional Pesta Sains 2015 memperebutkan Piala bergilir Presiden Republik Indonesia bagi juara umum, Piala bergilir Mendiknas untuk Juara I Lomba Cepat Tepat Biologi, Juara I lomba Matematika Ria, Juara I Kompetisi Fisika, Piala bergilir Menristek RI untuk JuaraI Lomba Komstat Junior, Juara I Lomba Chemistry Challenge, Juara I Computer ProblemSolving Competition, dan Juara I Lomba Karya Ilmiah Populer.

Selain itu, memperebutkan piala bergilir BMKG bagi juara I Meteorologi Interaktif, piala bergilir Andi Hakim Nasoetion bagi juara I STEM Young Researcher Award baik kategori siswa maupun guru, piala tetap bagi juara 1, 2, dan 3, medali penghargaan bagi juara 1, 2, dan 3, tabungan pendidikan bagi juara 1, 2, dan 3, serta sertifikat.

Berbeda dari kompetisi-kompetesi sains lainnya, setiap Juara I Pesta Sains Nasional disetiap cabang kompetisi (kecuali kompetisi SYRA) berkesempatan mendapatkan tiket “freepass” menjadi mahasiswa FMIPA IPB sesuai pada kategori kompetisi yang diikuti dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Registrasi dan pendaftaran lomba dapat diakses secara online di laman resmi http://pestasains.ipb.ac.id. Informasi lebih lanjut seputar Pesta Sains Nasional 2015 “Indonesian Science” dapat juga melalui email pestasains@apps.ipb.ac.id atau update info terbaru di Twitter @pestasainsIPB dan Line Official @TDQ1255J. (ed)

Oktober_ILA_Pesta Sain Nasional IPB 2015

  • Share on Tumblr

Share This Post

Related Articles

© 2016 I Love Aceh. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie