• Salah satu ikon Aceh, Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh
  • Taman Kuliner Ulee LheuePusat jajanan dan wisata di Taman Kuliner Ulee Lheue Banda Aceh
  • Kuala BubonJembatan Kuala Bubon Aceh Barat menjadi salah satu daya tarik wisata
  • Sate MatangSalah satu kuliner "Sate Matang" yang berasal dari Matangglumpangdua, Bireuen
  • Tari SeudatiTari Seudati yang merupakan tarian yang begitu populer di Aceh
Slider 11 Slider 22 Slider 33 Slider 44 Slider 55
NSP Single Prang Sabi - Niken

Ini Dia Pemenang Kompetisi Lomba Pesta Sains Nasional 2015

Pesta Sains Nasional 2015 / Dok. PanitiaRangkaian acara Pesta Sains Nasional 2015 pada hari kedua, Minggu (15/11/2015) berlangsung dengan sangat meriah.

Pada hari kesempatan tersebut, panitia PSN mengumumkan peserta yang lolos babak semifinal pada tiap cabang lomba.

Setiap semifinalis kemudian dimobilisasi untuk mengikuti babak semifinal di setiap cabang lomba. Sedangkan peserta lain yang tidak lolos mengikuti Mentor Session dengan tema “Kita Indonesia, Kita Bisa Mendunia”.

Dalam Mentor Session yang terbagi dua sesi, diisi oleh Andrea Faadilah sebagai peraih medali emas dalam PIMNAS 2015 dan Ikrom Mustofa sebagai mahasiswa berprestasi IPB. Sedangkan penyampaian materi pada sesi dua oleh KangZaini Alif seorang founder dari Komunitas Permainan Tradisional (Hong Community).

Acara PSN kali ini juga dimeriahkan dengan pelepasan balon yang berisi harapan-harapan seluruh peserta. Tidak ketinggalan, peserta juga dihibur oleh Shena Malsiana, salah satu finalis dari X-Factor Indonesia. Disesei istirahat, peserta juga dipersilahkan untuk mengunjungi booth yang berisi pameran dari setiap departemendi FMIPA serta pameran karya inovasi peserta lomba STEM guru dan STEM siswa.

Selain itu, peserta juga disuguhi dengan seminar motivasi bertema Youth Indonesian Scientist Movement (YES I’m) dengan penyampaian materi oleh Leo Wibisono kemudian diikuti dengan hiburan oleh Rury Doremi Arifin sebagai mahasiswa beprestasi nasional.

Puncak acara yaitu pengumuman dan penganugerahan piala kepada pemenang.

Juara umum PSN 2015 diraih oleh SMAK Penabur Gading Serpong. Juara untuk guru teladan diraih oleh Slamet Widodo, S.Pd, M.Pd dari SMAN 1 Wonogiri.

Untuk kompetisi STEM guru ,juara 1 dimenangkan oleh Yosi Kustian, SPd, MSi dari MAN 1 Kota Sukabumi, Juara 2 oleh Yanuar Anas Bokiah, SSi dari MAN Pembangunan UIN Jakarta, dan juara 3 oleh Sri Subekti, SPd, MPd dari SMAN 2 Batu.

Untuk kompetisi STEM siswa, juara 1 diraih oleh tim dari SMAN 13 Jakarta, juara 2 oleh SMAN 98 Jakarta, dan juara 3 oleh SMA Al-Muttaqin Fullday School Tasikmalaya.

Sedangkan untuk cabang Kompetisi statistika junior (Komstat Jr), juara 1, 2 dan 3 berturut-turut diraih oleh tim dari SMA Santa Laurensia, tim dari SMA Insan Cendekia Alkausar, dan tim dari SMA Santa Laurensia. Untuk kompetisiMeteorologi Interaktif (Metrik), juara 1, 2 dan 3 berturut-turut diraih oleh tim dari SMA Negeri 1 Bogor ,tim dari SMA Semesta, dan tim dari MA Husnul Khotimah.

Untuk kompetisi Lomba Cepat Tepat Biologi (LCTB), juara 1, 2 dan 3 berturut-turut diraih oleh tim dari SMA Pribadi BBS Bandung, tim dariSMA Negeri Unggulan MH Thamrin, dan tim dari SMA Semesta. Untuk kompetisi Chemistry Challenge (CC), juara 1, 2 dan 3 berturut-turut diraih oleh tim dari SMA K Penabur Gading Serpong, tim dari SMA Kharisma Bangsa, dan tim SMA PU Al-Bayan.

Untuk kompetisi Matematika Ria (MR), juara 1, 2 dan 3 berturut-turut diraih oleh Otto Alexander dari SMA K Penabur Gading Serpong, Timothy Jacob Wahyudidari SMA Santa Laurensia dan Asyraf Ridho Rizki dari SMA Negeri Unggulan MH Thamrin.

Sementara untuk Computer Problem Solving Competition (CPSC), juara 1, 2 dan 3 berturut-turut diraih oleh Kezia Sulami dari SMAK IPEKA Sunter, Giffary Al-Fatah dari SMA Pribadi Depok dan Prawiro Hadi Triyono dari SMA Negeri 2 Tangerang Selatan.

Di Kompetisi Fisika (KF), juara 1, 2 dan 3 berturut-turut diraih oleh tim dari SMA K Penabur Gading Serpong, tim dari SMA Negeri 1 Singaraja dan tim dari SMA Santa Laurensia. Untuk Lomba Karya Ilmiah Populer (LKIP), juara 1, 2 dan 3 berturut-turut diraih oleh tim dari SMKN 13 Bandung, tim dari SMK Al-Hikmah Surabaya dan tim dari SMAN 1 Selong. (ed)

  • Share on Tumblr

Share This Post

Related Articles

© 2016 I Love Aceh. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie