• Salah satu ikon Aceh, Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh
  • Taman Kuliner Ulee LheuePusat jajanan dan wisata di Taman Kuliner Ulee Lheue Banda Aceh
  • Kuala BubonJembatan Kuala Bubon Aceh Barat menjadi salah satu daya tarik wisata
  • Sate MatangSalah satu kuliner "Sate Matang" yang berasal dari Matangglumpangdua, Bireuen
  • Tari SeudatiTari Seudati yang merupakan tarian yang begitu populer di Aceh
Slider 11 Slider 22 Slider 33 Slider 44 Slider 55
NSP Single Prang Sabi - Niken

The Leader Kembali Raih Prestasi Nasional dari Kemenpora

Organisasi kepemudaan The Leader yang berasal dari Aceh kembali raih prestasi yang terpilih sebagai juara 2 pada Pemilihan Organisasi Kepemudaan Berprestasi Tingkat Nasional 2015 yang diadakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia, 10-12 Desember lalu.

Dalam pemilihan tersebut, The Leader membawakan program DreamMaker, yakni sebuah pelatihan kepemudaan dalam meningkatkan minat, bakat dan kreativitas pemuda. Sedangkan juara 1 berhasil diraih oleh organisasi Pemuda-Pemudi Kemasan Kabupaten Boyolali dengan program Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat melalui Desa Wisata.

Ajang pemilihan organisasi kepemudaan yang digelar oleh Kemenpora ini dalam rangka memperebutkan Soegondo Djojopoespito Award yang dibagi dalam empat kategori yaitu, Organisasi Kepemudaan, Organisasi Kemahasiswaan, Organisasi Kepelajaran, dan Organisasi berbasis komunitas.

Foto The Leader Juara 2 Nasional OKP“Seleksi pada pemilihan organisasi berprestasi ini terdiri dari 3 tahap, berupa seleksi administrasi, penilaian faktual ke lapangan (fact finding), dan seleksi presentasi di Jakarta,” ujar Muhammad Fathun selaku Ketua The Leader.

Setelah melewati seleksi administrasi dilakukan penilaian faktual lapangan dimana staf Kemenpora RI dari Jakarta langsung mengunjungi sekretariat The Leader di Banda Aceh untuk melakukan penilaian.

“Dari seluruh peserta yang mendaftar, hanya 20 organisasi dari seluruh Indonesia yang diundang ke Jakarta untuk seleksi presentasi pada 10-12 Desember 2015 kemarin. The Leader sendiri, diwakili oleh saya selaku ketua dan Mifta Sugesty selaku bendahara,” sebut Fathun.

Fathun menambahkan, pesan penting yang disampaikan mereka dalam presentasi tersebut terkait kebangkitan pemuda. “Yang kami sampaikan pada saat seleksi presentasi adalah kebangkitan pemuda Aceh. Kami tidak ingin diingat sebagai korban konflik atau tsunami, tapi kami sebagai pemuda yang memiliki banyak potensi ingin diingat sebagai sumber daya,” katanya.

The Leader sendiri sudah berdiri sejak tahun 2012 dan sudah melakukan berbagai program pemberdayaan pemuda seperti pelatihan kepemimpinan, pelatihan public speaking, ngobrol inspiratif (ngopi), kelas kreatif, liburan produktif, dan dreammaker.

Sejak berdiri, organisasi ini sudah menjangkau lebih dari 3000 pemuda di 10 kabupaten/kota di Provinsi Aceh. Tahun 2014 lalu, program unggulan DreamMaker juga terpilih sebagai penerima penghargaan Indonesia MDGs Awards dari Kantor Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia untuk MDGs.

“Melalui Program DreamMaker, kami mencoba menjembatani mimpi pemuda Aceh. Kami membuat sebuah kurikulum mimpi dimana pemuda dapat merancang mimpi mereka sesuai dengan kemampuan dan bakat yang dimiliki,” lanjut Fathun.

Fathun berharap dengan prestasi yang diraih oleh organisasi nya ini dapat menjadi motivasi bagi pemuda Aceh khsusunya untuk terus melakukan pengembangan kapasitas diri dan meningkatkan keinginan untuk berbuat atau menyelesaikan masalah yang ada di daerah masing-masing.

Adapun tim dewan juri pada pemilihan organisasi berprestasi ini dinilai langsung oleh Dra. Hermin Narwati, MM selaku Asdep Organisasi Kepemudaan, Drs. Mandir Ahmad Syafi’i, M. Pd selaku Asdep Peningkatan Wawasan Iptek, Iman dan Takwa, Dr. Suyadi, M.Sc selaku Kabid Asdep Sumber Daya Pemuda, dan Drs. Budi Susanto, MM selaku Direktur di pusat berita Antara.

Penghargaan bagi organisasi yang terpilih sebagai juara diserahkan langsung oleh Yuni Poerwanti selaku Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI.

Yuni berharap, ajang pemilihan organisasi ini kedepannya lebih banyak lagi organisasi kepemudaan yang ikut mendaftar dari seluruh Indonesia. (ed)

  • Share on Tumblr

Share This Post

Related Articles

© 2016 I Love Aceh. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie