• Salah satu ikon Aceh, Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh
  • Taman Kuliner Ulee LheuePusat jajanan dan wisata di Taman Kuliner Ulee Lheue Banda Aceh
  • Kuala BubonJembatan Kuala Bubon Aceh Barat menjadi salah satu daya tarik wisata
  • Sate MatangSalah satu kuliner "Sate Matang" yang berasal dari Matangglumpangdua, Bireuen
  • Tari SeudatiTari Seudati yang merupakan tarian yang begitu populer di Aceh
Slider 11 Slider 22 Slider 33 Slider 44 Slider 55
NSP Single Prang Sabi - Niken

Pengabdian Masyarakat, UKA ITB Gelar Education Fair 2016

Sejumlah mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang tergabung di dalam Unit Kebudayaan Aceh (UKA) ITB akan menggelar rangkaian kegiatan bertajuk UKA ITB Education Fair (UIEF) di sejumlah kota/kabupaten di Aceh pada 4-10 Januari 2016 mendatang.

UIEF 2016 ini merupakan salah satu bentuk pengabdian mahasiswa Unit Kebudayaan Aceh ITB kepada masyarakat Aceh tepatnya para siswa-siswi Sekolah Menengah Atas tingkat akhir dengan mengadakan dua kegiatan besar berupa
Roadshow dan Try Out Nasional Masuk PTN (TONAMPTN) yang diselenggarakan serentak di lebih dari 30 kota di Indonesia.

Untuk kegiatan Roadshow akan diadakan mulai tanggal 4 Januari 2016 sampai dengan 9 Januari 2016 di sejumlah Sekolah Menengah Atas yang terletak di Banda Aceh, Aceh Besar, Sigli, Bireuen, dan Lhokseumawe. Roadshow bertujuan untuk memperkenalkan dunia kampus, khususnya ITB kepada para siswa kelas 12 SMA.

Pengenalan dunia kampus ini mencakup sosialisasi dan penyampaian informasi seputar perkuliahan.

Sementara agenda selanjutnya, Try Out Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (TONAMPTN) akan dilaksanakan pada tanggal 10 Januari 2016 bertempat di SMPN 1 Banda Aceh dan di Aceh Selatan.

Kegiatan TONAMPTN ini akan dikemas dalam bentuk simulasi sekaligus wahana persiapan para siswa dalam mengikuti tes masuk perguruan tinggi mendatang. Try Out yang diadakan serentak se-Indonesia ini akan memberikan apresiasi berupa hadiah kepada juara regional dan juara nasional yang memperoleh nilai tertinggi.

Pendaftaran TONAMPTN dapat dilakukan di Bimbel A+ Banda Aceh atau bisa juga melalui situs bit.ly/daftartouief2016 dengan biaya pendaftaran sebesar Rp20.000.

Selain menyajikan simulasi tes kepada peserta, panitia juga akan membuka stand di tempat berlangsungnya TONAMPTN yang berisi informasi seputar fakultas-fakultas yang ada di ITB. Sehingga, setiap siswa SMA/sederajat kelas 12 yang sekolahnya tidak dikunjungi ketika Roadshow tetap dapat menerima informasi serta sosialisasi mengenai perkuliahan khususnya ITB dengan mendatangi stand-stand tersebut.

Sebelumnya, Unit Kebudayaan Aceh ITB juga pernah mengadakan acara serupa pada tahun 2013 dengan dua mata acara utama yaitu Roadshow ke sekolah-sekolah yang ada di Aceh dan Try Out yang dilaksanakan serentak di 23 kota di Indonesia. Selain pada tahun 2013 dan 2016, UKA ITB tidak menggelar Education Fair namun tetap rutin setiap tahunnya mengadakan roadshow ke sekolah-sekolah di Aceh yang dikemas dalam rangkaian acara UKA ITB Goes to School (UIGTS).

Harapannya, serangkaian kegiatan UIEF 2016 ini ke depan dapat berjalan lancar dan bermanfaat bagi masyarakat Aceh terutama siswa kelas 3 SMA/sederajat yang tak lama lagi akan menjejakkan kakinya ke tahap pendidikan selanjutnya, yaitu perguruan tinggi. (ed)

Desember_ILA_UIEF 2016

Daftar SMA/sederajat yang termasuk ke dalam daftar kunjungan UIEF 2016:
1. SMAN 10 Fajar Harapan
2. SMAN Modal Bangsa
3. SMAN 1 Banda Aceh
4. SMAN 3 Banda Aceh
5. SMAN 4 Banda Aceh
6. SMA Labschool Unsyiah
7. SMA Darul Ulum
8. MAS Riab
9. SMAN Unggul Ali Hasjmy
10. SMA Unggul Sigli
11. SMAN 1 Sigli
12. SMAN 1 Meureudu
13. SMA Sukma Bangsa Bireuen
14. SMAN 1 Bireuen
15. SMAN 1 Lhokseumawe
16. SMA Sukma Bangsa Lhokseumawe
17. MAN Model Banda Aceh
18. SMAN Modal Bangsa Arun
19. SMA Fatih Bilingual School
20. SMA Teuku Nyak Arif

  • Share on Tumblr

Share This Post

Related Articles

© 2016 I Love Aceh. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie