• Salah satu ikon Aceh, Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh
  • Taman Kuliner Ulee LheuePusat jajanan dan wisata di Taman Kuliner Ulee Lheue Banda Aceh
  • Kuala BubonJembatan Kuala Bubon Aceh Barat menjadi salah satu daya tarik wisata
  • Sate MatangSalah satu kuliner "Sate Matang" yang berasal dari Matangglumpangdua, Bireuen
  • Tari SeudatiTari Seudati yang merupakan tarian yang begitu populer di Aceh
Slider 11 Slider 22 Slider 33 Slider 44 Slider 55
NSP Single Prang Sabi - Niken

Tiga Mahasiswa Aceh Terpilih dalam Kegiatan Kapal Pemuda Nusantara 2016

Setelah melewati tahapan proses seleksi yang cukup ketat, 3 mahasiswa yang berasal dari Prodi Ekonomi Pembangunan Muhajiburrahman, Prodi Teknologi Hasil Pertanian Maulidiya Izzati, dan Prodi Teknik Industri Ichwan terpilih mewakili Aceh dalam Kegiatan Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari (LNRPB) atau dikenal juga dengan nama lain Kapal Pemuda Nusantara (KPN) Sail Karimata 2016.

Kapal Pemuda Nusantara merupakan salah satu program dari Kementrian Pemuda dan Olahraga, Kementrian Kelautan dan Perikanan, bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut dalam upaya menanamkan nilai-nilai dunia bahari yang potensial jika diberdayakan lebih optimal dan serius.

Pemuda pemudi yang lolos seleksi program KPN dari masing-masing Provinsi di seluruh Indonesia serta perwakilan pemuda dari negara se-ASEAN akan bergabung untuk bersama-sama berlayar mengarungi samudra dengan menggunakan kapal perang dan melakukan sejumlah kegiatan di beberapa tempat yang disinggahi.

“Kegiatan ini luar biasa bagi saya, jiwa nasionalisme kita sebagai pemuda Indonesia akan dibuktikan. Selain itu, kegiatan ini juga dapat membuat kita akan sadar betapa kecilnya kita sebagai makhluk ciptaanNya, dan betapa luas kebesaranNya,” ucap perempuan yang akrab disapa Molly.

Kegiatan Sail Indonesia ini dimulai sejak 2009 yaitu Sail Bunaken tahun 2009, Sail Banda tahun 2010, Sail Wakatobi-Belitong tahun 2011, Sail Morotai tahun 2012, Sail Komodo tahun 2013, Sail Raja Ampat tahun 2014, Sail Tomini tahun 2015, dan Sail Karimata pada tahun 2016 ini.

Pada tahun 2016 Sail rute yang akan mereka lewati yaitu dimulai dari Jakarta – Belinyu – Dabo Singkep – Pulau Bintan – Tarempa – Pulau Laut (pulau terluar) – Pulau Serasan – Pontianak – Karimata Kayong – dan akan kembali ke Jakarta. Kegiatan yang akan dilaksanakan selama kurang lebih 30 hari ini akan dimulai pada September-Oktober 2016 mendatang.

“Senang sekali bisa menjadi perwakilan Aceh dan punya kesempatan untuk belajar mengenai potensi kelautan dan bertemu dengan seluruh pemuda dari 34 provinsi lainnya,” ungkap Ichwan.

Kegiatan yang akan mereka lakukan dikapal meliputi diskusi, kegiatan kelompok, olahraga, homestay di rumah keluarga angkat, kegiatan kemasyarakatan, pergelaran seni budaya, dan masih banyak kegiatan lainnya.

“Bangga sekali rasanya dapat menjadi bagian dalam kegiatan ini, semoga perjalanan kami nanti dapat memberikan konstribusi positif setelah pulang dari kegiatan Sail Karimata ini,” ucap Muha.

Untuk mengetahui seperti apa perjalanan mereka mengelilingi indonesia dapat dilihat di akun instagram @ayokelaut.

“Semoga kegiatan ini nanti kami dapat berbagi Aceh dimana saja dan pulang dengan sejuta ilmu baru yang akan kami bagikan di Nanggroe tercinta,” harap mereka. (ed)

Tiga Mahasiswa Aceh Terpilih dalam Kegiatan Kapal Pemuda Nusantara 2016

  • Share on Tumblr

Share This Post

Related Articles

© 2016 I Love Aceh. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie