• Salah satu ikon Aceh, Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh
  • Taman Kuliner Ulee LheuePusat jajanan dan wisata di Taman Kuliner Ulee Lheue Banda Aceh
  • Kuala BubonJembatan Kuala Bubon Aceh Barat menjadi salah satu daya tarik wisata
  • Sate MatangSalah satu kuliner "Sate Matang" yang berasal dari Matangglumpangdua, Bireuen
  • Tari SeudatiTari Seudati yang merupakan tarian yang begitu populer di Aceh
Slider 11 Slider 22 Slider 33 Slider 44 Slider 55
NSP Single Prang Sabi - Niken

Perayaan Hari Guru Nasional 2016 di Pidie

Bertepatan pada hari Jumat, tanggal 25 November 2016. Indonesia merayakan Hari Guru Nasional (HGN) dan PGRI secara serentak. Ratusan sekolah di Kabupaten Pidie dengan khidmat mengikuti upacara peringatan HUT PGRI ke 70 dan HGN ke-71 tahun 2016 yang dilaksanakan di sekolah-sekolah masing-masing.

Seusai upacara seluruh guru dan siswa di Kabupaten Pidie merayakan HGN di sekolah dengan serangkaian acara yang berbeda-beda. Seperti SMPN 2 Tijue melepas ratusan balon yang bertuliskan selamat hari guru ke udara. Mereka juga menghias kelas seindah-indahnya, pengalungan bunga untuk guru dan pemotongan kue bersama. Di SMKN 1 Sigli, upacara berlangsung dengan semarak saat perwakilan siswa memberikan kado kepada gurunya. Sementara itu, di SDN 3 para guru dan murid bergantian menyanyikan lagu tentang guru, dimulai dari murid menyanyikan lalu diikuti semua guru. Lalu pembina upacara juga menyanyikan beberapa bait dan diikuti oleh seluruh peserta upacara.

perayaan-hari-guru-nasional-di-pidie-aceh_2

Lain lagi di SMA Negeri 1 Delima. Mereka mengawali HGN dengan baca surah Yasin bersama, lalu upacara, kemudian penyerahan bunga kepada guru, makan kue bersama sambil menonton tari kreasi dari murid, juga pembacaan puisi tematik tentang guru dan diakhiri dengan bersalaman takzim meminta maaf kepada guru. Acara berlangsung haru saat salaman berlangsung, banyak murid-murid yang menitikan air mata.

Beberapa hari sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pidie, Murthalamuddin, S.Pd.I, M.SP sudah mengarahkan seluruh sekolah di lingkungan Kabupaten Pidie supaya merayakan hari guru dengan membuat rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memuliakan guru. Misalnya pembacaan puisi, Lomba menulis singkat untuk guru, berpidato singkat penghormatan terhadap guru, memberikan hadiah bunga atau kerajinan yang dibuat dengan tangan sendiri untuk guru, mencium tangan guru bersama atau kegiatan lain yang merupakan wujud dari penghormatan terhadap guru.perayaan-hari-guru-nasional-di-pidie-aceh_4

Namun kejutan dan kemeriahan HGN dilaksanakan oleh sekolah-sekolah lebih meriah daripada yang dibayangkan. Selain seperti arahan Kadis, sekolah-sekolah menjabarkan dengan kegiatan yang lebih meriah.

Dari sekolah perkotaan sampai di desa-desa merayakan hari guru. Spanduk-spanduk telah terpasang dihalaman sekolah-sekolah dengan ucapan “Ayo Muliakan Guru” dengan tagline yang diambil dari Hadih Maja; Takzem keu yah meurumpok hareuta Takzem keugurei merumpok Ijazah. khusus di Kabupaten Pidie mengusung tema ini sedangkan di Nasional temanya “Guru dan Tenaga Kependidikan Mulia Karena Karya”, tema ini diusung langsung oleh Kadis Pendidikan Pidie, Murthalamuddin, S.Pd.I, M.SP.

“Bagi Guru peringatan HGN ini merupakan kesempatan untuk menginstropeksi diri apakah sudah benar-benar menjadi guru yang sejati? Bagi siswa hari ini merupakan momen mengenang dan menghargai betapa besar peran guru bagi pendidikan mereka. Sedangkan untuk masyarakat Teacher Day (hari guru) bisa dijadikan sebagai renungan bahwa guru mengambil peran penting bagi mencerdaskan bangsa ini. Sehingga butuh kerja sama antara pihak guru, murid dan masyarakat untuk bersama-sama mencapai cita-cita bangsa,” lanjut Kadis Pendidikan lagi.

Rusdi Ali, M. Tesol seorang guru SMAN 1 Delima yang sempat kami wawancarai mengatakan, “Dengan adanya kegiatan ini kami para guru sangat merasa bahagia dan tersanjung OSIS bersama seluruh siswa untuk menghormati guru-gurunya dan mendoakan tetap tabah dan sabar dalam mendidik mereka. mudah-mudahan kegiatan ini akan berlanjut dimasa yang akan datang serta siswa akan memiliki sikap menghormati gurunya sebagai orang tua kedua mereka di sekolah dan hubungan antara kepala sekolah, majelis guru, TU dan seluruh siswa tetap harmonis untuk mencapai Visi misi sekolah untuk masa sekarang maupun yang akan datang”.

Selamat HUT PGRI Ke-71 dan HGN 2016 semoga guru-guru maju terus. (rio)

perayaan-hari-guru-nasional-di-pidie-aceh_3

perayaan-hari-guru-nasional-di-pidie-aceh_1

  • Share on Tumblr

Share This Post

Related Articles

© 2016 I Love Aceh. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie