• Salah satu ikon Aceh, Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh
  • Taman Kuliner Ulee LheuePusat jajanan dan wisata di Taman Kuliner Ulee Lheue Banda Aceh
  • Kuala BubonJembatan Kuala Bubon Aceh Barat menjadi salah satu daya tarik wisata
  • Sate MatangSalah satu kuliner "Sate Matang" yang berasal dari Matangglumpangdua, Bireuen
  • Tari SeudatiTari Seudati yang merupakan tarian yang begitu populer di Aceh
Slider 11 Slider 22 Slider 33 Slider 44 Slider 55
NSP Single Prang Sabi - Niken

Komunitas J-NOW dan FIM Aceh Gelar Bakti Sosial untuk Kebersihan Lingkungan

KOMUNITAS Jamban Jameun NOW (J-NOW) yang baru saja terbentuk 25 Maret lalu melalui kegiatan Workshop Kepemudaan yang diadakan oleh Forum Indonesia Muda (FIM) Aceh di UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Sabtu (14/4/2018) melaksanakan kegiatan sosial yang menyangkut dengan kebersihan Lingkungan dan Jamban di Gampong Nusa Lhoknga, Aceh Besar.

Koordinator Lapangan, Hafid mengatakan kegiatan sosial yang mereka lakukan adalah salah satu bentuk kepedulian kepada sesama dan menggiatkan kembali semangat gotong royong.

“Alam menyediakan semua untuk kita secara gratis lalu kita harus memanfaatkannya sebaik mungkin tanpa harus membuat kerusakan pada lingkungan, salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarang tempat dan tidak mencemari sumber air yang ada disekitarnya,” pungkas Hafid.

Kita ketahui bahwa Jamban harus memenuhi syarat kesehatan serta memiliki sarana alat pembersih. jamban yang bersih dan tidak berbau selain menunjukkan kebersihan juga membuat angka penularan bakteri dan kuman penyebab penyakit menjadi berkurang. Fokus dan menjadi titik perhatian kegiatan ini adalah Jamban Umum.

“Issue lingkungan sangat erat kaitannya dengan sampah yang akan berdampak pada buruknya kesehatan, kerusakan lingkungan, mencemari perairan, hingga menyebabkan bencana alam serius. Lalu bagaimana kita menjaga dan merawatnya dari hal-hal kecil lalu menjadi kebiasaan, dari kita untuk kita dan akan mewarisi kepada generasi kita selanjutnya kelak,” katanya.

Kegiatan yang mendapatkan apresiasi dari masyarakat dan lembaga adat di Gampong Nusa ini digelar mulai dari pagi hingga menjelang Dzuhur tiba. Diawali dengan kata-kata sambutan oleh Koordinator Project, Koordinator Nusa creative Community dan Kepala Desa lalu turun bersama membersihkan lingkungan di sekitar meunasah hingga kebersihan jamban dan pengecatan dinding toilet umum.

“Tim dan masyarakat di Gampong Nusa ini sangat antusias dan bersemangat membersihkan jamban yang ada disini, kami berbagi tugas agar semua bekerja dan cepat selesai sesuai target yang diinginkan,” sebut Karina, anggota tim J-NOW.

Sementara itu, Fahry sebagai fasilitator mengatakan bahwa kegiatan J-Now ini sudah terkonsep dengan baik. “Peserta workshop sudah diberikan materi dan praktik langsung bagaimana membuat sebuah project social dan mengelola isu-isu apa saja yang ada saat ini khususnya di bidang lingkungan, hingga pelaksanaan kegiatan,” lanjutnya.

Dalam kegiatan ini juga turut hadir kepala desa gampong Nusa, Komunitas Nusa Creative Community, dan didukung pula oleh beberapa komunitas yaitu Sendal Jepit, Gavit Day For Lansia serta Tumbler Project juga media dari UKM DETaK Pers Unsyiah dan Komunitas @iloveaceh.

“Komunitas J-Now mengucapkan Terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh peserta relawan dan masyarakat yang telah menyukseskan acara. Semoga kerjasamanya dan kemitraan yang baik akan terus terjalin dimasa mendatang,” ungkap Hafid. (ed)

  • Share on Tumblr

Share This Post

Related Articles

© 2018 I Love Aceh. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie