Halaman Resmi Komunitas @iloveaceh

Yuk ke Sabang Akhir Maret, Ada Khanduri Laot Lho!

3

PEMERINTAH Kota Sabang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kembali menggelar khanduri laot festival jilid kedua yang akan berlangsung 30 Maret hingga 1 April di pelabuhan CT3 BPKS Sabang.

Pegelaran fetival budaya meulaot yang dilaksanakan selama tiga hari selain difokuskan di pelabuhan CT3, juga akan digelar pula di area teluk Sabang dan sepanjang jalan Diponegoro tepatnya di depan kantor Sekertariat Daerah Kota Sabang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sabang, Faisal menyebutkan, pihak pada perhelatan festival kali ini akan menghadirkan atraksi-atraksi yang lebih meriah dari tahun sebelumnya, namun tidak menghilangkan kesakralan acara tersebut.

“Tahun lalu Alhamdulillah kita sudah lakukan dengan baik dan dapat apresiasi. Jadi kali ini kita akan kemas lebih meriah, namun kita akan tetap menjaga kesakranlannya,” sebut Faisal yang didampingi Wali Kota Sabang Nazaruddin.

Kabid Kebudayaan Disparbud Kota Sabang Ramlan Yahya juga menyatakan, kegiatan khanduri laot merupakan acara tahunan yang sakral bagi masyarakat pesisir dengan menampilkan sejumlah atraksi bagi pengunjung.

“Adapun atraksi yang akan dihadirkan antara di festival ini mulai dari budaya adat meulaot, lomba memasak kuah beulangong, lomba kayoh peraho naga, pentas pesona budaya tradisi pesisir, khanduri untuk Aulia 44 dan anak yatim, dialog budaya dan silaturahmi panglima laot se-Aceh, Dike Aceh, serta pameran expo produk kreatifitas daerah pesisir,” rincinya.

Atraksi rapai daboh, seumapa seng samlako, dike geulumbang serta rapai pulot grimpheng dari Bireuen juga akan menjadi pertunjukkan yang menarik dalam festival tersebut.

Ramlan Yahya juga menyebutkan, khanduri laot festival juga akan turut dimeriahkan dengan penampilan artis Aceh seperti Rialdoni, Tangke band, Krak Band, eksibisi dari negara Malaysia, Bengkalis dan Sumatera Utara serta sejumlah penampilan menarik lainnya.