Halaman Resmi Komunitas @iloveaceh

Komunitas Nagekeo Wujudkan Warung Semangat untuk Bang Karim

0

KOMUNITAS Nagekeo Care Indonesia (NCI) berhasil mendirikan sebuah warung di bilangan Peukan Baro, Pidie. Kedai yang dinamai ‘Warung Semangat’ itu diperuntukkan buat Bang Karim, seorang pekerja keras yang kondisi fisiknya saat ini tak lagi sempurna.

Sebelum mengalami kecelakaan yang mencederainya bagian tubuhnya, Bang Karim sehari-harinya bekerja sebagai buruh pengangkut kayu.

Founder NCI, Fadliana Surya mengisahkan kembali, saat itu Bang Karim sedang mengambil kayu dari pegunungan Seulawah. Pada saat hendak mengantarkan kayu tersebut ke tempat pemesan, di tengah jalan terjadi kecelakaan.

“Mobil kap terbuka yang menampung balok utuh itu langsung terbalik, kayunya berjatuhan dan menimpa tubuh Bang Karim, sehingga kakinya remuk. Ia segera dilarikan ke rumah sakit,” kata Fadliana.

Naasnya, kecelakaan itu mengharuskan Bang Karim merelakan salah satu organ tubuhnya. Dokter mengatakan kakinya harus diamputasi hingga pangkal paha. Selain itu juga, tangannya juga telanjur mengalami cacat usai kecelakaan itu.

“Mendengar cerita Bang Karim, NCI berniat untuk membantu beliau,” imbuh Fadliana.

Mereka lalu melakukan penggalangan dana dari seluruh masyarakat, melalui media sosial. Tak sia-sia, upaya itu berhasil mengumpulkan dana sedikitnya Rp6.000.000.

“Uang tersebut kami gunakan untuk mendirikan Warung Semangat beserta isinya, lalu untuk kebutuhan rumah tangga Bang Karim, jajan anak-anak, dan lain sebagainya, sehingga beliau masih bisa menghidupi keluarganya,” kata dia lagi.

NCI sepakat untuk tidak memberikan dana cash (tunai), karena dikhawatirkan bakal dihabiskan semata untuk kebutuhan konsumtif. “Jika tidak ada perputaran uang, Bang Karim sekeluarga akan kebingungan lagi,” lanjut perempuan yang pernah menjadi Duta Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih) Aceh 2017 itu.

Dengan berdirinya Warung Semangat, NCI berharap usaha kedai itu dapat dikelola sebaik-baiknya oleh Bang karim sekeluarga.

Fadliana juga mengucapkan terima kasih kepada donatur yang telah rela menyumbangkan rezeki untuk setiap program dari NCI.

Selain itu, ia juga menginformasikan bahwa untuk Kegiatan di bulan Ramadhan, NCI bakal menggelar program ‘Nagekeo Care Lansia’. Program ini adalah pemberian bingkisan lebaran untuk mereka yang berusia lanjut namun masih bekerja.

“Seperti Nyak-nyak di pasar Aceh, Lansia yang hidup sebatang kara dan kadang hanya hidup dari belas kasih tetangganya, orang-orang seperti merekalah yang akan diberikan bingkisan lebaran nanti,” sebut dia.

Kegiatan ini nanti sumber dananya tetap berasal dari masyarakat luas. Fadliana juga menginfokan, bagi siapa saja yang ingin menyumbangkan sedikit rezekinya, dipersilakan untuk menyumbang ke rekening Bank BRI (002) 2056.01.000571.56.3 An. NAGEKEO CARE INDONESIA.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.