Halaman Resmi Komunitas @iloveaceh

Rakan @Rifqi_Rasya Ajak Mahasiswa Peduli Sampah

Hari Peduli Sampah Nasional 2020

Bersih-besih sampah di Pantai Alue Naga. Foto Fauca
0

PUNCAK peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang akan digelar di Pantai Ulee Lheue, Kota Banda Aceh pada tanggal 14 Maret 2020 mendatang.

Rakan Rifqi Ramadhansyah yang juga Menteri Hubungan Antar Lembaga UIN Ar-Raniry Mengajak seluruh mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh untuk mengikuti agenda HPSN tersebut.

Rifqi mengatakan, bagi mahasiswa yang keseringan membuang sampah sembarang untuk tidak lagi melakukan hal tersebut kedepan.

“Jika kita saling menjaga satu sama-sama lain untuk tidak membuang sampah sembarangan, itu sangat luar biasa,” kata Rifqi, Kamis (12/3/2020).

Rifqi RamadhansyahPermasalahan terkait timbulan sampah di Aceh, sejatinya bukan hanya pekerjaan pemerintah. Namun, harus dimulai dari hati masing-masing mahasiswa, karena mayoritas sampah itu bersumber dari perilaku yang kurang peduli soal urusan sampah.

Membuang sampah pada tempatnya terdengar sangat sederhana, namun, sesungguhnya itu benar-benar menjadi masalah yang hingga saat ini menjadi persoalan mendasar bagi mahasiswa dalam upaya mengelola atau mengurangi timbulnya sampah.

“Contoh kecil, tidak jarang, pada saat mereka duduk bersama teman-temannya di pantai Ule lhe, mereka dengan sengaja membuang sampah. Seperti tusuk sate, Aqua plastik dan lainnya, Mungkin, yang ada dibenak mereka, Sampah ini nantinya kan sudah ada yang bersihkan,” kata pemilik akun Twitter @Rifqi_Rasya.

Terkait perilaku mahasiswa tersebut, bagaimanapun upaya pemerintah, tidak akan berdampak besar selama mahasiswa itu sendiri tidak memiliki rasa kepedulian yang tinggi untuk mengurangi timbulan sampah, dan membuang sampah pada tempatnya.

“Dan kali ini kita juga akan bekerjasama dengan dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3). Untuk itu saya mengajak kawan-kawan untuk bisa ikut serta dalam bentuk kepedulian kita terhadap peduli sampah di hari Sabtu nantinya,” ungkapnya.

Dengan lingkungan yang lebih bersih dan nyaman, mahasiswa dan masyarakat yang akan merasakan kenyamanan saat menikmati indahnya pantai Ulee Lheue. Oleh karena itu, mulailah untuk mengubah perilaku dari hal yang paling kecil, dengan membuang sampah pada tempatnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.