• Salah satu ikon Aceh, Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh
  • Taman Kuliner Ulee LheuePusat jajanan dan wisata di Taman Kuliner Ulee Lheue Banda Aceh
  • Kuala BubonJembatan Kuala Bubon Aceh Barat menjadi salah satu daya tarik wisata
  • Sate MatangSalah satu kuliner "Sate Matang" yang berasal dari Matangglumpangdua, Bireuen
  • Tari SeudatiTari Seudati yang merupakan tarian yang begitu populer di Aceh
Slider 11 Slider 22 Slider 33 Slider 44 Slider 55
NSP Single Prang Sabi - Niken

Yuk, Jadi Orang Tua Asuh Penyu

Orang tua asuh penyu / @IndieGem

Orang tua asuh penyu / @IndieGem

Ada yang menarik Jumat (12/4) sore tadi sekira pukul 17.00 WIB, jauh dari hingar bingar seperti beberapa waktu lalu saat kegiatan pelepasan tukik (anak penyu) di pantai Babah Dua Lampuuk, Aceh Besar, yang menyebabkan beberapa penyu terkena frustasi dan malah ada yang mati akibat banyaknya orang yang ikut serta menyaksikan dan mengambil beberapa tindakan diluar kewajaran.

Sore tadi ILATeam berkesempatan untuk terjun kembali ke lokasi penangkaran penyu di Lampuuk yang dibina oleh Komunitas Kawasan Bina Bahari (KABARI). Ada sekitar 30 penyu yang dilepas sore tadi menjadi seremonial terakhir dalam bulan ini, namun untuk selanjutnya akan ada ide cemerlang dari Komunitas KABARI dalam melakukan aksi penyelamatan hewan ini.

Orang tua asuh penyu, begitulah nama program dari Komunitas KABARI untuk merangkul orang-orang agar peduli dengan pelestarian penyu yang semakin hari semakin banyak diburu orang demi alasan ekonomi dan bertahan hidup.

Menurut salah satu anggota Komunitas KABARI, Yudi menyebutkan masa peneluran penyu tahun ini diperkiraan akhir tahun nanti mendekati Nopember.

“Masa penyu bertelur lagi itu sekitar bulan 11 nanti. Masih lama memang, namun tidak ada salahnya kita bertekad menjadi orang tua asuh mulai saat ini dengan mengumpulkan uang atau  rezeki agar bisa menjadi orang tua asuh penyu,” ujarnya.

Jadi Orang Tua Asuh Penyu

Hanya dengan membeli telur penyu sebesar Rp3.000 untuk ukuran telur kecil dan Rp5.000 untuk ukuran yang besar, maka Anda selangkah lagi sudah menjadi bagian dari program orang tua asuh penyu ini. Pembelian telur penyu bisa langsung dari pemburu per sarang.

Kemudian telur yang sudah di beli itu akan dirawat oleh Komunitas KABARI selama lebih kurang 50 hari masa penetasan dan setelah telur-telur yang dibeli orang tua asuh menetas, maka bersama-bersama orang tua asuh dan komunitas akan melakukan pelepasan ke alam liarnya lagi alias ke laut.

Sangat mudah bukan untuk menjadi orang tua asuh penyu? Ini adalah cara kita untuk peduli dengan kelestarian penyu di Aceh pada khususnya. Jika ingin mengetahui info lebih lanjut bisa menghubungi ILAteam (bisa mention @chairinaavriana / @IndieGem) atau langsung ke komunitas KABARI di pantai Lampuuk dan bersama kita tekadkan untuk #SaveOurSeaTurtle.***

  • Share on Tumblr

Share This Post

Related Articles

© 2016 I Love Aceh. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie