• Salah satu ikon Aceh, Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh
  • Taman Kuliner Ulee LheuePusat jajanan dan wisata di Taman Kuliner Ulee Lheue Banda Aceh
  • Kuala BubonJembatan Kuala Bubon Aceh Barat menjadi salah satu daya tarik wisata
  • Sate MatangSalah satu kuliner "Sate Matang" yang berasal dari Matangglumpangdua, Bireuen
  • Tari SeudatiTari Seudati yang merupakan tarian yang begitu populer di Aceh
Slider 11 Slider 22 Slider 33 Slider 44 Slider 55
NSP Single Prang Sabi - Niken

Keumala, Semangat Perubahan untuk Aceh di Ajang IYF

Keumala Fadhiela NDPernahkah kita menghitung seberapa banyak mimpi yang kita punya? Kalau dihitung mungkin akan banyak ya. Tapi pernah tidak kita menjadikan mimpi itu menjadi sebuah kenyataan? dan ini yang mungkin jarang kita lakukan. Di Indonesia Youth Forum (IYF) tahun ini, dara yang bernama lengkap Keumala Fadheila ND sedang mencoba untuk merajut lebih banyak lagi mimpi.

Dela –sapaan akrab Keumala– yang juga mahasiswi Agribisnis di Fakultas Pertanian Unsyiah ini sedang sibuk belajar tentang teori dan praktikum yang berkaitannya bidangnya, yaitu ekonomi pertanian. Namun sayang, tidak banyak kegiatan sosial yang ia lakukan untuk lingkungan dan masyarakat sekitar. “Alhamdulillah, Indonesia Youth Forum merupakan jalan yang baik untuk membuka peluang ide-ide saya untuk perubahan Indonesia kedepan, dan Aceh khususnya,” ungkap Sekretaris Umum DETaK Unsyiah tersebut.

Wanita kelahiran Tapaktuan, 15 November 1992 ini merupakan satu-satunya official delegates dari Aceh yang akan ikut serta dalam kegiatan Indonesia Youth Forum 2013 ditingkat nasional yang dilaksanakan 23 – 26 Mei mendatang di Bandung, Jawa Barat.

“Merupakan suatu perjuangan yang sangat berarti dalam hidup saya, dari 1013 aplikasi yang masuk ke panitia, setelah diseleksi dari CV, essai dan wawancara hanya 200 peserta lolos dan saya satu-satunya perwakilan dari Aceh,” sebutnya.

IYF sendiri merupakan forum yang mempertemukan para pemimpin muda di Indonesia yang akan membahas tentang peran generasi muda dalam mengimplementasikan berbagai aktivitas dalam mencapai MDGs, seperti isu global dan langkah strategis untuk generasi muda yang lebih baik. Di forum kepemudaan ini juga akan hadir berbagai pemimpin baik dibidang pemerintahan, dunia usaha dan lainnya.

“Empat hari di Bandung nantinya Dela akan mendapatkan wawasan tentang entrepreneurship, leadership, teamwork & sharing dan character building. Juga mengikuti Konser Kebangkitan Budaya Indonesia, Indonesia Sadar Gizi, Menanam 1000 Pohon di Sungai Citarum dan kegiatan lainnya yang bertujuan untuk membangun Indonesia,” tambah dara yang juga Runner Up Duta Mahasiswa GenRe 2011 ini.

Aceh memang butuh semangat pemuda yang mampu membangun Aceh sendiri melalui ide-ide kreatif pemudanya yang harus ditampung dan disalurkan. Kita tidak boleh berdiam diri dan membayangkan mimpi tersebut namun kita harus mampu mewujudkannya melalui project-project sosial agar mampu merubah Aceh ke arah yang lebih positif.

“Saya mewakili Aceh ke Bandung untuk IYF 2013 akan berusaha sebaik mungkin. Semoga disana saya akan bertemu dengan orang-orang yang bisa menginspirasi dan memotivasi. Terutama untuk ide kreatif dan inovasi yang saya tujukan untuk Aceh tercinta. Project yang akan saya lakukan sepulang dari IYF, tentu saja tidak bisa saya realisasikan sendiri. Saya butuh pemuda lainnya yang mempunyai visi dan misi yang mantap untuk membangun Aceh, demi perubahan Aceh yang lebih baik” tutupnya. (rma)

  • Share on Tumblr

Share This Post

Related Articles

© 2016 I Love Aceh. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie