• Salah satu ikon Aceh, Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh
  • Taman Kuliner Ulee LheuePusat jajanan dan wisata di Taman Kuliner Ulee Lheue Banda Aceh
  • Kuala BubonJembatan Kuala Bubon Aceh Barat menjadi salah satu daya tarik wisata
  • Sate MatangSalah satu kuliner "Sate Matang" yang berasal dari Matangglumpangdua, Bireuen
  • Tari SeudatiTari Seudati yang merupakan tarian yang begitu populer di Aceh
Slider 11 Slider 22 Slider 33 Slider 44 Slider 55
NSP Single Prang Sabi - Niken

Informasikan ke Petani tentang Sensus Pertanian 2013

Sensus PertanianBadan Pusat Statistik (BPS) akan menggelar sensus pertanian mulai 1 Mei hingga 31 Mei 2013. Sensus ini merupakan sensus wajib yang mesti dilakukan setiap 10 tahun sekali. Hal ini juga disampaikan oleh rakan kami @nandarjf kepada @iloveaceh, Selasa (1/5) pagi tadi.

“Sensus Pertanian atau yang disingkat ST2013 merupakan sensus pertanian ke-6 sejak diadakan pertama kali pada tahun 1963. Sementara di Aceh tahun 2003 tidak dilakukan sensus pertanian karena masih masa konflik,” katanya.

ST2013 juga menyasar semua rumah tangga pertanian, perusahaan berbadan hukum atau tidak berbadan hukum yang mengusahakan pertanian. Inilah beberapa sektor pertanian yang disasar dalam sensus kali ini: 1) Tanaman pangan dan Palawija, 2) Hortikultura, 3) Perkebunan, 4) Peternakan, 5) Perikanan, dan 6) Kehutanan.

Adapun metodelogi yang digunakan oleh panitia bersifat dor to dor dan snowball. Dor to dor untuk blok sensus konsentrasi pertanian, dan snowball untuk non konsentrasi.

Tahap awal dilakukan identifikasi rumah tangga pertanian. Dan tahap selanjutnya dilakukan pencacahan lengkap, sampai pada detail rumah tangga pertanian.

Tujuan akhir dari ST2013 adalah bisa mendaptkan data statistik pertanian yang lengkap dan akurat supaya di peroleh gambaran jelas pertanian di Indonesia, dan juga mendapatkan kerangka sampel (sampling frame) yang dapat dijadikan landasan pengambilan sampel untk survei-survei di sektor pertanian, serta memperoleh informasi tentang populasi utama usaha pertanian, seperti tani gurem, jumlah pohon dan ternak, distribusi penguasaan dan pengusahaan lahan, dan lainnya.

Tentunya jawaban dari petani ini menentukan hasil dari ST2013 itu sendiri, dimana sensus ini sendiri menelan anggaran APBN sebesar Rp 1,6 triliun yang tersebar diberbagai provinsi.

Jika rakan membutuhkan informasi lanjut bisa langsung menanyakan ke BPS setempat atau bisa mention rakan kita @nandarjf yang siap melayani pertanyaan seputar sensus ini. (ed)

  • Share on Tumblr

Share This Post

Recent Articles

© 2016 I Love Aceh. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie