“Nyoe Aceh” Cara Kreatif Kenalkan Aceh

Ada banyak cara mengenalkan Aceh, bukan hanya sebatas melihat Aceh yang bergerak mundur dari peradabannya yang diakibatkan oleh manusia-manusia di dalamnya. Ada banyak aspek-aspek kehidupan yang kini sedang dialami oleh Aceh, seperti ekonomi, politik, sosial, dan budaya. Aspek-aspek kehidupan tersebut jika terus dibiarkan berada dalam kekacauan maka akan berujung pada bencana kemanusiaan yaitu hilangnya jati diri Aceh.

“Nyoe Aceh” (Inilah Aceh) begitulah nama proyek non-profit yang sedang dikembangkan oleh rakan-rakan di Bandung. Salah satu anggota tim “Nyoe Aceh” dari Universitas Institue Teknologi Bandung, Andhy Pusvita Sari menyebutkan proyek pembuatan video ini dilakukan untuk merekam peradaban Aceh di masa lalu dan masa kini yang akan menggugah rasa setiap manusia.

“Kami mahasiswa perantauan Aceh di Bandung dan simpatisannya menginisiasikan proyek pengerjaan video “Nyoe Aceh” dalam rangka meningkatkan pemahaman yang lebih baik tentang Aceh, baik itu sejarah, budaya, alam, dll kepada masyarakat luas. Sehingga kita dapat berpikir dan melakukan hal-hal konkret untuk memajukan Aceh,” ujarnya.

Pembuatan video ini direncanakan akan berlangsung 27 Juli hinggai 7 Agustus 2013, sedangkan finalnya akan dipublish sekitar bulan September 2013.

Andhy juga menyebutkan, pembuatan video tentang Aceh juga akan diiringi oleh berbagai musik, narasi, dan wawancara dengan para tokoh, serta mengajak para audiens untuk berpikir dan mencari solusi bagi permasalahan yang sedang dihadapi Aceh. “Ajakan ini diharapkan dapat menjadi inisiasi bagi generasi muda dalam melakukan pergerakan untuk membangun Aceh menjadi lebih baik,” sebutnya.

Tim “Nyoe Aceh” juga mengajak Anda untuk ikut serta dalam mendukung pembuata video ini dengan cara membantu dengan seadanya. Proyek penggalangan dana secara swadaya  pun digalang lewat situs wujudkan.com dengan nama “Nyoe Aceh!”. Anda juga bisa melihat perkembangan kegiatan tim ini di Facebook Nyoe Aceh atau follow di Twitter @NyoeAceh. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi  Andhy di nomor kontak 085714203209. Ayo bantu dan #positifkanAceh rakan. (ed)

  • Share on Tumblr