Yuk, Sumbang Baju Layak Pakai untuk Pasien RSJ Banda Aceh

Sebuah tweet mention masuk ke @iloveaceh, Rabu (2/10/2013) yang dikirim oleh salah satu rakan kita @Silfa_NA yang ingin mengajak #ATwitLovers untuk ikut serta dalam sebuah gerakan sosial membantu para pasien di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Banda Aceh.

“Bagi yg ingin menyumbangkan pakaian bekas layak pakai utk para pasien di RSJ Aceh, kami menerima dgn senang hati,” tulis Silfana dalam tweet yang kami terima.

Usut punya usut, Silfana Amalia Nasri yang kini tercatat sebagai mahasiswi di Fakultas Psikologi Universitas Syiah Kuala tersebut bersama teman-teman sukarelawan di RSJ berinisiatif untuk membantu menyediakan pakaian yang layak pakai kepada pasien di Rumah Sakit Jiwa Banda Aceh.

“Ada satu hal yang membuat saya merasa iba dengan keadaan pasien, kebanyakan pasien berasal dari luar Banda Aceh dan dari keluarga dengan status ekonomi menengah ke bawah, sehingga pasien kurang diperhatikan oleh keluarganya akibat mahalnya biaya transportasi dari daerah asal ke Banda Aceh,” sebutnya dalam Facebook.

Selain itu tidak sedikit pula pasien yang sudah tidak dianggap lagi oleh keluarganya sendiri karena keluarganya merasa malu memiliki anggota keluarga dengan gangguan jiwa, dan juga ditambah dengan stigma yang ada di masyarakat bahwa orang yang memiliki gangguan jiwa dianggap tidak berguna, semakin memperparah keadaan pasien.

Lalu bagaimana cara untuk ikut membantu atau menyumbang baju layak pakai bagi para pasien di RSJ ini, cara pun gampang dengan cara menghubungi nomor telpon yang disediakan oleh relawan.

“Untuk itu kami berinisiatif untuk membantu menyediakan pakaian yang layak pakai kepada pasien RSJ Aceh. Bagi teman2 yang ingin menyumbangkan pakaian bekas layak pakai, kami menerima dengan senang hati dengan menghubungi di nomor 0858 3437 1229,” jelas Silfana. (ed)