Pelatihan Jurnalistik Iloveaceh

IMG-20140111-WA005Komunitas @iloveaceh mengikuti pelatihan jurnalistik dengan Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Aceh. kegiatan ini berlangsung di kantor PPKS Bungong Jeumpa, Peurada, Sabtu (11/1/2014).

Dalam kesempatan itu pemateri menuturkan awal dari sejarah jurnalistik, hingga dasar-dasar dalam membuat sebuah berita.

“Menjadi jurnalis itu perlu mencari, mengumpulkan, menyeleksi, dan mengelola informasi yang mengandung nilai,” tutur Saniah S.Sos, selaku pengurus FJPI-Aceh.

Pelatihan ini berlangsung dengan cukup santai, bahkan lebih cenderung bersifat diskusi. Saat Saniah memaparkan seluk beluk bagaimana menulis berita yang baik, para peserta terkadang langsung mengajukan pertanyaan, sehingga terjadi diskusi yang hangat. Saniah mengatakan, nilai dari sebuah berita itu harus objektif, tidak memihak, luar biasa, penting, dan familiaritas.

Disamping itu, Yayan Zamzami yang membuka sesi materi kedua memberikan pemahaman tentang menulis feature. “Penulisan feature, perlu pendeskripsian yang handal namun tetap harus berpegang pada fakta yang ada,” ucap wartawati Kompas dan juga anggota aktif di FJPI-Aceh ini.

Kegiatan yang berlangsung lebih kurang selama empat jam ini menghasilkan cukup banyak manfaat bagi para anggota Iloveaceh yang hadir. “Nantinya kegiatan-kegiatan kepelatihan seperti ini tetap berlanjut bisa kita adakan, demi untuk menambah ilmu dalam kajain jurnalistik,” sebut Rahmat Nazillah selaku PRE iloveaceh. (@alfaaaath)

  • Share on Tumblr
ILATeam

MCD #ILATeam Management