Video Inovasi Sain dan Teknologi “Terowongan Geurutee”

Laboratorium Penelitian Terpadu Universitas Syiah Kuala, dalam sebuah diskusi publik bertajuk Inovasi Sains dan Teknologi untuk Percepatan Pembangunan Aceh “Terowongan Geurutee” di ruang VIP Gedung AAC Dayan Dawood Unsyiah, Senin (10/3/2014) kemarin memaparkan wacana pembangunan terowongan Geureutee.

Terowongan yang divisualisasi dalam sebuah video animasi tersebut salah satu bagian yang nantinya bisa diterapak di lintasan jalan nasional Banda Aceh-Meulaboh untuk memperlancar jalur transportasi dari/ke pantai barat Aceh.

“Dengan adanya terowongan ini, perjalanan melewati Gunung Geurutee dapat ditempuh dalam kurang dari 2 menit, dimana sebelumnya memerlukan waktur hampir 2 jam. Jika terealisasi akan menjadi terowongan untuk jalur transportasi pertama di Indonesia,” tulis dalam keterangan video yang berdurasi 1 menit 26 detik tersebut.

Video tersebut juga mendapatkan respon positif dari sejumlah penonton. “Lanjutkan, semoga pemerintah Aceh dapat mewujudkanya,” tulis Rijal Salampessi, Selasa (11/3/2014).

Tidak hanya itu, di linimasa @iloveaceh juga ada #suarawarga atas wacana pembangungan terowongan tersebut. Seperti yang disebutkan oleh pemilik akun @RazieSeaFAperta. “Akademisi Unsyiah Wacanakan Pmbangunan Terowongan Geurutee. Bek sekedar wacana beh. bangga!” sebutnya. (ed)

  • Share on Tumblr